Investor StartUp Terkenal di Indonesia: Pandu Sjahrir

0 37

Tahukah kamu siapa sebenarnya Pandu Patria Sjahrir ? ya, beliau adalah seorang investor terkenal di banyak bidang usaha terutama usaha UMKM dan usaha StartUp.

Untuk mengenal lebih lanjut siapa sebenarnya Pandu sjahrir, baiklah akan saya berikan biodatanya di bawah ini.

Pandu Patria Sjahrir: Tokoh Investor StartUp Terkenal di Indonesia

Pandu Patria Sjahrir

Seperti yang dilansir oleh Wikipedia: Pandu Patria Sjahrir (lahir di Boston, Massachusetts, 17 Mei 1979; umur 41 tahun) adalah salah satu pengusaha batu bara di Indonesia.

Ia merupakan Direktur PT Toba Bara Sejahtera dan dalam pemilihan ketua umum APBI-ICMA (Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia) 2018, terpilih sebagai ketua umum periode 2018-2021.

Saat ini Pandu Sjahrir menjabat seagai direktur di PT Toba Bara Sejahtera Tbk.

Baca Juga: Revolusi Industri Dari 1.0 Sampai 4.0.

Karir Pandu Pandu Patria Sjahrir

Sebelum berkarier di Toba Bara, Pandu menjabat sebagai Analis Senior dengan spesialisasi sektor energi dan pertambangan di Matlin & Patterson (2007-2010), Principal di Byun & Co, Alternative Energy Fund Asia (2002-2005), dan sebagai Analis di Lehman Brothers (2001-2002).

Selain itu, Pandu juga aktif dalam beberapa perusahaan startup. Sejak April 2017 menjadi komisaris di Gojek Indonesia.

Ia juga menjadi Presiden Komisaris di SEA Group Indonesia yang menaungi Shopee, salah satu platform perdagangan elektronik, yang menjadi sponsor utama Liga 1 2020.

Ia adalah Managing Partner dari Indies Capital sebuah perusahaan investasi yang telah melakukan investasi lebih dari US$ 1 Miliar di berbagai sektor, diantaranya di perusahaan startup, Indies Capital, yang membawahi Indies Pelago dan Agaeti Capital Venture (ACV) Partners, dua perusahaan investasi yang dikenal fokus mendanai fase awal (seed and early growth stages) dari perusahaan startup di Asia Tenggara.

Pada Senin, 30 Juni 2020, Pandu resmi diangkat oleh Bursa Efek Indonesia sebagai Komisaris BEI melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2019.

Dalam keputusan RUPST, Pandu akan menjalankan masa jabatannya dari tahun 2020 hingga 2023.

Baca Juga: Usaha UMKM Jasa Cutting Sticker yang Menguntungkan.

Investasi Terbesar

Seperti yang dilansir dalam laman website resminya pandusjahrir.com beliau mengungkapkan bahwa:

Investasi terbesar yang pernah saya lakukan adalah pendidikan. Karena dengan pendidikan, membuka cakrawala kita tentang segala hal termasuk bagaimana menemukan peluang di tengah tantangan.

Menurut bapak Pandu Sjahrir: Bisnis adalah tentang membangun sebuah hubungan yang baik. Selayaknya membangun hubungan, perlu dipupuk dengan rasa saling percaya dan saling mendukung.

Baca Juga: Usaha UMKM Weddding Invitation.

Beliau Adalah Investor StartUp Terkenal

Menurutnya, Peluang bisnis sociopreneur di Indonesia ke depan akan semakin berkembang. Investor akan semakin berminat kepada startup-startup yang punya “concern” kepada nilai-nilai pengembangan masyarakat dan komunitas.

Harapan Pandu Sjahrir kelak nanti ialah perusahaan teknologi bisa melantai di Bursa Efek Indonesia. Hal ini karena pasar saham Indonesia sangatlah kompetitif dan telah memiliki kredibilitas yang sangat baik serta ramah terhadap para investor.

“ Sama seperti Indonesia yang telah menetapkan target untuk menjadi lima ekonomi teratas di dunia pada tahun 2025, Bursa Efek Indonesia juga memiliki komitmen yang sama untuk hal tersebut.”

Pandu Sjahrir selalu mengembangkan dan memotivasi bisnis-bisnis Start-Up yang ada di Indonesia sekarang ini.

Makanya beliau sedang mengembangkan sebuah program yang diberi nama “Stay Connected“, Dimana program ini kamu bisa menceritakan pengalaman tentang usaha-usaha baik yang baru mulai ataupun sudah sedang berjalan. Silahkan menuju halaman stay connected tersebut.

Nah, Untuk semua founder dan enterpreneur yang baru mulai ataupun sudah menjalankan bisnisnya, sila menyampaikan pengalaman, cerita, bahkan pertanyaan terkait perkembangan bisnis dan enterpreneurship di sekitar kita.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Lewat ke baris perkakas