Investor StartUp dan UMKM di Indonesia

0 113

Investor StartUp dan UMKM

Investor sangat diperlukan bagi StartUp dan UMKM atau UKM agar kemajuan usahanya bisa lebih baik. Tentunya seorang pengusaha pasti akan sangat menginginkan jika bisnisnya bisa mendapatkan investor.

Maka dari itu, banyak pengusaha melakukan teknik promosi apa saja agar mendapatkan investor yang bisa menginvestasikan uangnya ke usaha yang mereka miliki.

Hanya saja, para pendiri StartUp dan UMKM atau UKM masih belum mengetahui perusahaan apa saja yang siap menjadi investor bagi usahanya.

Berikut ini daftar perusahaan investor yang bisa Anda sambangi:

#1 PT. Bursa Efek Indonesia (IDX)

Ya, mendengar kata IDX maka akhir-akhir ini tokoh yang terlintas dipikiran Anda adalah Pandu Patria Sjahrir yang merupakah pengusaha sekaligus seorang investor indonesia. Baca: Investor Terkenal di Indonesia: Pandu Sjahrir.

IDX atau Indonesia Stock Exchange merupakan salah satu perusahaan investor yang memberikan investasi untuk pengembangan Usaha StartUp dan UMKM/UKM.

Bursa Efek Indonesia percaya bahwa startup berbasis digital akan menjadi kekuatan pendorong percepatan bisnis di setiap lini industri.

Oleh karena itu, Bursa Efek Indonesia mengambil inisiatif untuk menjadi fasilitator untuk membantu startup berbasis digital yang ingin IPO dengan memberikan akses ke penjamin emisi, mendukung profesional dan memberikan pelatihan persiapan IPO.

Untuk mencoba keberuntungan, Kamu bisa langsung bercerita bersama Komisaris PT. Bursa Efek Indonesia (IDX) di program Stay Connected.

#2 Indies Capital Partners

Walaupun perusahaan ini basisnya di Singapore tapi jangkauannya tetap berada di Indonesia. Kenapa? salah satu jawabannya adalah Pandu Sjahrir, Ia adalah Managing Partner dari Indies Capital.

Indies Capital Partners adalah manajer aset alternatif terkemuka yang berfokus pada Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Didirikan pada tahun 2009 dan telah menginvestasikan lebih dari US $ 1 miliar dan mengelola lebih dari US $ 550 juta dalam total aset, komitmen, dan investasi bersama, atas nama investor institusi dan klien swasta.

Indies memegang lisensi Layanan Pasar Modal dari Otoritas Moneter Singapura. Pada 2017 perusahaan ini membentuk aliansi strategis dengan Värde Partners, perusahaan investasi alternatif global, untuk berinvestasi bersama dalam peluang mezzanine.

Website: www.indiescp.com

#3 Investor StartUp dan UMKM Kejora Ventures

Kejora Ventures sangat layak untuk Kamu pertimbangkan menjadi investor usaha Startup dan Usaha UMKM kamu. Pasalnya, perusahaan ini telah banyak melahirkan pengusaha-pengusaha handa di bidang startup.

Didirikan pada tahun 2014, Kejora adalah perusahaan modal ventura terkemuka yang beroperasi di ekosistem teknologi terbesar di Asia Tenggara. Sejak beroperasi, Kejora telah berinvestasi di lebih dari 35 startup di Asia dan menciptakan lebih dari 91.000 pekerjaan secara global.

Perusahaan investasi ini berfokus pada investasi, pembangunan, dan pertumbuhan bisnis yang sangat skalabel.

Website: kejorahq.com

#4 East Ventures

Perusahaan investor StartUp dan UMKM ini sangat berkembang pesat di Indonesia sekarang ini. Perusahaan ini secara rutin mengembangkan bisnis-bisnis daring di Indonesia dengan memberikan bantuan berupa modal. Untuk mempermudah komunikasi dengan para calon pebisnis, East Ventures bahkan membuka Co-working Space miliknya sendiri.

East Ventures, bekerja sama dengan Katadata Insight Center, membangun East Competures Digital Competitiveness Index (EV-DCI) untuk memetakan perkembangan ekonomi digital Indonesia, menilai daya saing 34 provinsi dan 24 kota besar di negara ini.

EV-DCI adalah hasil dari evaluasi berbagai set data, termasuk kecepatan adopsi teknologi, kesiapan sumber daya manusia, kewirausahaan, keandalan infrastruktur fisik, dan dukungan dari peraturan pemerintah.

Website: east.vc

#5 Ciputra GEPI

Didirikan pada tahun 2011 atas inisiatif dari Global Entrepreneurship Program (GEP). Ciputra juga ikut bergabung sebagai investor untuk mendukung gerakan bisnis online di Indonesia.

Semenjak itu, program ini menjadi bagian dari salah satu pekerjaan rutin yang dilakukan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, dengan tujuan mengembangkan semangat kewirausahaan di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Bekerjasama dengan Ciputra menyiapkan berbagai macam program inkubasi, co-working space, serta event space bagi para calon pebisnis online.

Selain itu, juga dibuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengembangkan ide-ide bisnis mereka sembari mencari investor untuk mendapatkan modal bagi usaha StartUp ataupun UMKM lainnya.

Website www.gepi.co

#6 Jakarta Creative Hub (JCH)

Jakarta Creative Hub (JCH) adalah co office dan makerspace program pemerintah untuk anak muda kreatif mengembangkan minat dan bakat mereka. Bits & bobs baru saja terpilih menjadi bagian dari co office jadi kami mau sharing apa saja yang kita tau tentang space ini. Tempat ini dirancang oleh founder Indoestri, jadi ada banyak kesamaan dalam desain interior dan konstruksi gedungnya.

Tempat ini bisa dibilang paling baru sebagai pilihan cara untuk mendapatkan investor bagi calon pebisnis. Diresmikan pada bulan Maret tahun 2017 yang lalu, Jakarta Creative Hub merupakan sebuah sarana pelatihan bagi masyarakat yang bergerak di bisnis UMKM.

Website: www.jakartacreativehub.com

Nah itulah diatas perusahaan investor yang mendanai perusahaan StartUp dan juga UMKM di Indonesia. Kamu perlu menyambangi perusahaan-perusahaan tersebut untuk mendapatkan suntikan investasi demi kemajuan Usaha Anda.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Lewat ke baris perkakas