Berbisnis Online dengan Blockchain

0 18

Blockchain selalu saja dikaitkan dengan teknologi dompet berbisnis online yang mampu menyimpan cryptocurrency seperti Bitcoin. Namun kenyataanya Blockchain tidak hanya sebagai wallet bitcoin saja.

Didalam wallet blockchain terdapat banyak jenis dompet koin cryptocurrency yang bisa digunakan untuk bisnis online.

Lalu apasih sebenarnya blockchain itu?

Blockchain, Sangkutpautnya dengan Bisnis Online

Berbisnis Online dengan Blockchain

Wallet Blockchain dengan alamat URL adalah www.blockchain.com. Banyak orang yang belum kenal dengan Blockchain. Namun tahu kan Kamu, Blockchain merupakan teknologi ajaib yang ubah dunia.

Seperti berita yang dilansir oleh CNBC Indonesia.

Blockchain merupakan sistem penyimpanan transaksi yang mencatat semua transaksi secar permanen ke dalam sebuah database publik atau ledger.

Sistem ini tidak terpusat, ribuan komputer di seluruh dunia yang berhasil membuat blok informasi dan menjadi rantai blok akan memberi persetujuan dan mengkonfirmasi informasi transaksi.

Sistem ini pun sulit diretas, “para peretas yang ingin mengubah informasi transaksi dalam suatu blok tertentu tidak hanya mengubah satu, namun semua blok yang ditumpuk di atasnya,” ujar Jeth Soetoyo, Founder & CEO PT Pintu Kemana Saja, seperti dikutip Kamis (30/7/2020).

Direktur Utama Blocksphere Indonesia, Gilang Bhagaskara mengatakan teknologi Blockchain berpeluang diterapkan di tiap industri. Dalam penerapannya, blockchain bisa digunakan untuk proyek di industri telekomunikasi, pengawasan lingkungan, transportasi, perbankan, exchange, agrikultur, bahkan pemerintahan.
“Masa depan Indonesia ada di Blockchain,” tambah Jean-Daniel Gauthier, Production VP Blocksphere Indonesia.

“Blockchain mampu membantu Indonesia mengintegrasikan data-data dalam jumlah besar tanpa konflik antar-kepentingan. Teknologi ini kunci untuk kerjasama banyak pihak, dan mampu menjadi enabler untuk teknologi-teknologi lain supaya lebih efektif beroperasi di Indonesia.”

Baca Juga: Cara Membuat Website: Khusus Untuk Pemula.

Blockchain dan Usaha UMKM

Walaupun Blockchain dikaitkan dengan Bitcoin sebagai teknologi yang memjalankan dan memproses transaksi mata uang digital (cryptocurrency) paling populer ini. Tetapi Bitcoin juga bisa digunakan untuk hal-hal lain seperti di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Saat ini pula banyak StartUp yang berkembang pesat di bidang bitcoin misalkan saja Indodax yang dikelola oleh Oscar Adam Darmawan.

Tak hanya itu, investor-investor terkenal seperti pandu sjahrir juga turut serta meramaikan bisnis startup yang sudah mulai maju sekarang ini.

Melalui websitenya Pandu Patria Sjahrir, beliau memberikan harapan besar bahwa startup indonesia akan melejit beberapa tahun kedepan.

Baca juga: Investor StartUp Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Lewat ke baris perkakas