Ciri Laki-Laki Baik Menurut Islam


Ciri Laki-Laki Baik Menurut Islam - Setiap wanita pasti menginginkan pasangan yang baik. dalam islam pun wanita juga ambil bagian dalam memilih pasangan yang baik, baik akhlaknya, baik ibadahnya, tutur katanya baik, dan pandangannya menyejukkan. tidak memberikan ribuan dosa pada diri dan pasangannya. Air mata mengalir memohon ampun mengingat dosa. pernikahan yang didambakan adalah sebuah cahaya yang menerangi jiwa, maka takkala dama memilih pasangan banyak yang salah menilai. menghadirkan cahaya dalam rumah tangga adalah rumah tangga yang memiliki pasangan yang sama-sama berakhlak akhlaqul karimah. baiklah, untuk itu kita akan menjelaskan bagaimana Ciri Laki-Laki Baik Menurut Islam.
Ciri Laki-Laki Baik Menurut Islam
Img by elmina-id.com

Ciri Laki-Laki Baik Menurut Islam

Ciri laki-laki baik menurut Islam yang akan kita jelaskan kali ini yang Insya Allah berasas dengan akhlaqul karimah.

1. Baik Hubungannya Kepada Allah

Hablumminallah, kata yang pantas pada setiap insan umat muslim-mukmin. menyinari hati, menyinari langkah. setiap detik nafasnya sadar bahwa cintanya hanya untuk Allah. hablumminallah (mempererat hubungannya kepada Allah azza wa jalla), ibadahnya seakan-akan dia sedang berbicara dengan Allah. tak ada waktunya terlewatkan dalam setiap langkah untuk mencurahkan hatinya kepada Tuhannya. maka jika kalian mendapati laki-laki yang seperti janganlah lepas dari keridhoan darinya. sesungguhnya dia akan menuntun kalian bagaimana kenikmatan hidup yang sebenarnya. setiap jiwanya selalu bersyukur akan nikmatnya hidup.
Innasshalatii wanuzukii wamahyaya wamamatii, lillahi rabbil 'alamiiin
“Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi ALLAH tuhan semesta alam” (QS. Al-An’ aam [6]:162).

2. Baik Hubungannya Kepada Manusia

tak hanya kepada Tuhannya yang harus dipererat hubungannya tapi juga kepada manusia (Hablumminannas). berikut ini Ciri laki-laki baik menurut Islam yang baik hubungannya kepada manusia akan dibagi lagi.

  • baik hubungannya kepada orang tuanya

Hubungannya kepada ibunya merupakan bagian dari hablumminallah, surga yang dirindukan adalah keridhoan orang tuanya, neraka yang diburu adalah kemurkaan orang tuanya. maka apabila seseorang taat dan patuh pada orang tuanya maka sesungguhnya ribuan dosa telah dia hapuskan untuk dirinya sendiri. jangan lepaskan jika kalian mendapati laki-laki yang taat kepada Tuhannya dan taat kepada Orang tuanya khususnya ibunya karena dia sangat menghormati wanita.

  • baik sosial kemasyarakatan dan baik kepada anak-anak

Sosial kemasyarakatan atau hubungannya kepada masyarakat, sesama tetangga, sesama saudara-saudaranya dan sesama anak-anak. tak ada musuh dalam hidupnya. mudah memaafkan dan tak ingin mencari-cari kesalahan orang lain. menghargai orang lain, setiap langkahnya hanya untuk membantu sesamanya.

3. Tidak Ingkar Janji dan Selalu Memanfaatkan Waktu yang Bermanfaat

Laki-laki baik, tidak sering berjanji, maka apabila ia berjanji maka harus menepati janji yang ia keluarkan. Dia tidak akan membuang-buang waktunya selama hidup, tetap memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat, bahkan cenderung tetap menepati janjinya terhadap siapapun. Waktu itu sangat penting dalam islam sehingga Rasulullah sendiri pernah menyinggunggya “hidup sebelum mati, muda sebelum tua, sehat sebelum datang sakit, senggang sebelum sibuk dan kaya sebelum miskin.”. Dia seakan-akan ingat bahwa waktu hanya sementara dan selalu berbuat baik dan berakhlaqul karimah.

4. Tutur Kata yang Baik

Ciri laki-laki baik menurut Islam tentang Akhlak yang mulia bisa menghindarkan diri dari mengucapkan perkataan dan ucapan yang buruk. dalam setiap tutur katanya ia bersikap lembut, berkata dengan nada yang lembut jika bersama pasangannya, tidak ditinggikan jika ia marah, bahkan mampu menahan amarahnya dan mudah memaafkan. inilah ciri laki-laki baik menurut islam yang pantas untuk dipertahankan. maka wahai kaum wanita jika kalian mendapatkan laki-laki yang baik seperti ini maka jangan berusaha menghianati apalagi meninggalkannya.

5. Selalu Menundukan Pandangan dan Menjaga Pandangannya Kepada yang Bukan Muhrimnya

Laki-laki baik selalu menundukkan pandangannya saat melihat wanita yang bukan muhrimnya, selain karena keimanan, hal ini untuk mencegah diri agar terhindar dari hawa nafsu. menundukkan pandangan dan pandangannya hanya tertuju kepada yang bukan muhrimnya adalah salah satu ciri laki-laki baik menurut islam. Allah Ta'ala berfirman:
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” An-Nur ayat :30.
Ia mengetahui bahwasanya pandangan adalah hal yang menyebabkan seseorang terjerumus dalam perbuatan yang buruk. tak hanya pandangan kepada lawan jenis yang bukan muhrimnya tapi juga pandangan kepada hal-hal yang buruk sekalipun. Ia mampu mengendalikan hawa nafsunya.
Baca: Ini Alasan Kenapa Gombalan Pria Lebih Jago Dibanding Wanita

Pada dasarnya manusia itu memiliki sifat baik dan yang tidak baik, sehingga penting sekali bagi seorang muslim untuk memiliki keribadian yang mampu menahan hawa nafsunya. Selain itu orang yang mampu mengendalikan hawa nafsu sangat mudah untuk tetap bersabar, tidak mudah emosi, dan selalu beristighfar jika hawa nafsunya sudah merajai dirinya. Tentunya pria dengan ciri seperti ini akan sangat bijak dalam memutuskan sesuatu hal yang penting.
“ Tidak beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)” (HR. Al-Hakim)

6. Selalu Bersyukur

Tak sedikit rumah tangga yang bubar, hancur berantakan berujung pada perceraian hanya gara-gara uang, apakah karena uang yang sedikit, suami yang tidak bisa mencari uang, atau mungkin kehidupan yang terlalu boros tidak seimbang antara pengeluaran dan pemasukan sehingga menyebabkan berhutang sana-sini.

Kemampuan berhubungan baik dengan uang adalah kemampuan wajib yang mesti dimiliki seorang suami, mampu mencarinya dengan cara dan sumber yang halal, serta mampu juga mengatur pengeluaran, pemasukan serta pengelolaan investasi untuk masa depan.

Baik hubungannya dengan uang bukan berarti ia kaya raya dan memiliki banyak uang, akan tetapi ia selalu bersyukur, jiwa yang buta terhadap uang/harta membuat hidupnya tanpa cahaya, takut miskin/melarat dan tidak pernah puas. setiap waktunya selalu bekerja, selalu sibuk dan tak tahu bersyukur. rumah tangga hancur gara-gara uang.

Tak hanya laki-laki, perempuan pun harus selalu bersyukur. bersyukurlah atas pendapatan pasangan Anda. walaupun kurang penghasilannya tahukah Anda bahwasanya Rezeki itu sudah diatur oleh Allah Ta'ala. jika Anda diberi kemelaratan rezeki harta maka pasti rezeki lain akan berlimpah kepada Anda. misalkan saja rezeki kesehatan atau rezeki panjang umur.
Buat apa kaya kalau umur tak panjang dan kesehatan tak baik. (Jumadil Awal, S.Si)
Itulah di atas kiranya dari ciri laki-laki baik menurut islam, mudah-mudahan bermanfaat dan selalu bernilai shodaqoh jariyah. dan apabila ada yang ingin ditanyakan seputar ciri laki-laki baik menurut islam. silahkan menuju kolom komentar. semoga kita semua mendapatkan pasangan yang sholeh atau sholehah. Aamiiin ya robbal 'alamiiin. Allahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad.



Jika Anda Ingin Curhat Atau Punya Tulisan Yang Menarik Untuk Di Publish Di Website Ini, Silahkan Kirim Ke boys.madil@gmail.com

0 Response to "Ciri Laki-Laki Baik Menurut Islam"

Posting Komentar