HOME

Di Bawah Langit Makassar 3 “Rindu”

puisi tentang langit Di Bawah Langit Makassar 3 “Rindu”

Sunyi…
Hanya ada angin menari senyap
Hanya ada gesekan daun rumbai berlagu
Dan lewat semilirnya
Ku titip puisi ini untukmu
Di sana, Tanjung Bayam
Bernada bersama iringan ombak
Dan mendung yang bergelayut di kaki langit
Desiran angin dan pasir hitam yang indah
Kau dan aku berpijak
Memandang buih ombak laut Makassar
Mesra….
Terlihat langit pun cemburu
Dan menitikkan tetes hujannya
Disana….
Terkukuh dan terpahat dalam karang tanpa terucap
Sebuah janji setia
Menunggu untuk hidup bersama
Kau kekasihku
Tetaplah bersenandung denganku
Hingga akhir hayat…..

cat: puisi tentang langit Di Bawah Langit Makassar 3 Rindu ini merupakan karya “husna

Tags »

Sepucuk Surat Curhat untuk Rasululullah

25 April 2011 pukul 20:55

Sepucuk Surat Curhat untuk Rasululullah
image by: www.mirwans.com

Ya Rasullah, ini adalah curhat pertamaku untukmu. Aku seorang mahasiswi semester dua. Katanya orang aku adalah seorang akhwat, tapi bagiku tidak, aku hanyalah seorang wanita biasa yang masih dalam tahap memperbaiki diri. Gelar akhwat terlau tinggi untukku, sedang aku masih begitu hina.

Ya Rasullah, kita tak pernah berkenalan karena aku dan engkau tak pernah bertemu. Engkau terlahir berabad yang lalu. Di saat manusia jauh dari Allah. Engkau datang d tengah-tengah mereka membawa cahaya penerang jalan, tugasmu sungguh luar biasa. Ujian demi ujian slalu engkau hadapi dengan kesabaran dan keikhlasan hatimu serta engkau tak pernah mengeluh.
Aku terlahir disaat manusia telah mengenal agama, tetapi mereka tak memahami agama. Zaman sekarang lebih jahiliah dari zamanmu dahulu. Manusia sekarang berlagak seperti Tuhan.

Ya Rasullah aku ingin bertemu denganmu..aku mencintaimu dan merindukanmu..tapi entah kenapa cinta yang ku rasakan itu hanya di lisanku saja…maafkan aku ya Rasullah maafkan aku yang terkadang menempatkanmu di tingkatan bawah…..maafkan aku yang selalu lalai dengan sunnah dan ajaranmu.

Ya Rasullah, banyak yang ingin aku ceritakan padamu…tapi entah kapan kita bias bertemu..apakah kita bisa bertemu???. Engkau begitu mulia, sedang aku hina. Apakah aku yang hina pantas bertemu dengan Engkau??
Ya Rasullah..dalam setiap hidupku aku selalu berlaku munafik..aku slalu bermaksiat.. aku ingin terlepas dari ini semua namun aku tak tahu caranya..
Ya Rasullah, aku bingung dengan umatmu semenjak Engkau meninggalkan kami,semenjak Abu Bakar, Usmant, Umar dan Ali menjadi Khalifa penggantimu… mereka saling bertentangan…dan bercerai berai…

Ya Rasulullah, aku bingung manakah dari ajaran umatmu ini yang benar? Mereka saling membenarkan dan mereka saling mengklain bahwa ini adalah ajaran yang Engkau ajarkan untuk mereka. Aku bingung dengan dalil-dalil yang mereka bacakan untukku, dengan buku-buku yang disodorkan kepadaku. Kepalaku pusing mencerna semua apa yang mereka sampaikan. Aku ikut yang ini dan menyatakan mereka benar karena semua cocok denga logikaku, maka yang lainnya akan mengatakan kepadaku bahwa mereka adalah sesat dan salah. Mereka membenciku dan menganggapku sebagai barang yang menjijikkan. Mereka mengehempaskan dan melemparkanku serta tak memperdulikanku lagi.

Ya Rasulullah, aku bingung dengan sikapku. Aku berjilbab namun aku tak bisa menjaga sikap dan perilakuku. Aku tetap berkumpul dengan laki-laki yang bukan mahramku, berbicara keras, bersikap kasar dan berhubungan dengan pria yang aku sayangi. Aku bingung dengan sikapku, terlintas dalam pikirku untuk melepaskan jilbab panjang ini dan beralih ke jilbab pendek. Aku takut menodai agama yang engkau bawa ya Rasulullah. Aku tidak mau orang-orang mencela agamamu. Untuk mempertahankannya pun aku tak mampu ya Rasulullah, aku masih terlalu lemah untuk ini, apa lagi tidak ada seoarang pun yang menopangku, tapi aku berjanji padamu ya Rasulullah, jika engkau sampaikan kepada Allah agar dia menolongku dari permasalahan ini, maka aku akan melebarkan jilbabku dan teguh berjalan di agamamu ini. Katakan pada Allah, bahwa aku butuh pertolongannya, aku butuh dekapannya, aku ingin orang-orang yang aku sayangi itu mendekapku kembali.

Ya Rasulullah, banyak yang menilaiku bahwa aku keras kepala? Apakah itu betul ya Rasulullah. Bagaimana aku bisa mengikuti nasehat mereka sedang mereka melakukan hal yang tidak sesuai dengan nasehatnya. Bagaimana aku bisa mencontoh mereka?.
Ya Rasulullah, di malam ini aku terbaring sakit, sendirian dalam kontrakanku. Aku takut, jika kematian datang menghampiriku sedang aku masih dalam kebingunagan. Ya Rasulullah, sakit ini begitu sakit ya Rasulullah sangat sakit. Sakit raga dan jiwaku, sakit lahir dan batinku. Mereka pergi ya Rasulullah, karena aku tidak mengikuti mereka. Mereka meninggalkanku dan mencampakkanku di sini. Semoga Allah kekasihmu, segera menolongku.

Ya Rasulullah, dalam hati kecilku, aku ingin istiqamah dalam ajaran agama yang Engkau sampaikan, aku ingin menjadi wanita seutuhnya, tapi bagaimana ya Rasulullah jika permata yang DIA titipkan padaku telah aku hancurkan karena sifat kotorku?Apakah kekasihmu itu masih mau menerimaku? Apakah kekasihmu itu akan menerima taubatku? Ya Rasulullah, aku butuh pertolonganNya, betapa berat ujian yang aku tanggung.
Tetes air mataku ini mungkin tak akan bisa menghapuskan segala perbuatan dosa yang ku lakukan, aku takut Tuhanmu tidak akan mengampuniku… apa yang ahrus aku lakukan yan Rasulullah. Aku ingin berjumpa denganmu, apakah aku bisa berjumpa dengan seoarang yang Mulia sepertimu? Ku tulis curhatku dalam suratku ini, semoga engkau membalasnya ya Rasululullah, salam rinduku untukmu selalu wahai Kekasih Allah….

Dari umatmu yang dhaif

Tuhan betapa aku malu
Atas semua yang Kau beri
Padahal diriku terlalu sering
Membuat kecewa
Entah mungkin aku terlena
Sementara Engkau beri
Aku kesempatan berulang kali
Agar aku kembali
Dalam fitrahku sebagai manusia
Untuk menghambakanMu
Betapa tak ada apa-apanya
Aku di hadapanMU
Aku ingin sepenuhnya,
Sebenar-benar aku cinta
Dalam do’a dalam ucapan
dalam setiap langkahku
Aku ingin mendekatiMu selamanya…
sehina apa pun diriku
Ku berharap untuk bertemu denganMu ya Rabbi….
(Edcoustic, Aku ingin MencintaiMu)

Catatan :

Ukhty fillah, La tahzan… jangan lah kalian bersedih dan merasa sendiri jika orang-orang mencampakkanmu, ingatlah Allah bersama kita selalu. Bersabarlah atas ujian yang Allah berikan “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”. Ujian yang diberikan bukanlah sebuah bentuk balas dendam melainkan sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada hambaNya. Allah Maha Penolong, DIA akan menolong hambaNya yang butuh pertolongan. Ukhty fillah, jika engkau kini dalam keadaan terpuruk, maka janganlah kalian berlari pada hal-hal yang membuatmu semakin jauh dari sang Pencipta, namun berlarilah pada Allah yang Maha Pengasih, Ia akan selalu menyayangiMu lebih dari kasih sayang kekasihmu pada dirimu. Ukhty, jagalah permata indah yang telah Allah titipkan padamu. Jangan biarkan orang-orang yang tak berhak mengambilnya. Ukhty tutuplah dirimu dengan jilbabmu, jagalah auratmu, meskipun cobaan begitu berat datang padamu, tetap pertahankanlah jilbabmu.

Tags »

Manisnya pun Ku Kecup…

Cerpen Bahas Indonesia – Manisnya pun Ku Kecup

September 2013

Manisnya pun Ku Kecup...

Ku raih gelar “Mahasiwa Teladan”

(Episode 1)
Setahun yang lalu tepat pada tahun 2014 bulan April, aku akhirnya bisa sampai tahap akhir kuliahku. Ya, aku hanya menempuh waktu kuliah hanya dalam waktu 3 tahun 7 bulan. Semua ini ku peroleh bukan dengan jalan yang mudah, tetapi jalan yang begitu sulit. Banyak suka-duka yang kulalui.Perjuangan ini pun juga yang mempertemukanku lagi dengan seorang pria yang begitu luar biasa untukku, yang membuatku jatuh cinta dan pada akhirnya aku hanya bisa menyayanginya hanya sebagai seorang kakak sampai saat ini. Perjuangan ini pun juga mengajarkanku arti bersabar dan ikhlas. Inilah kisahku, kisah cinta dan perjuanganku yang ku tulis rapi dalam diariku.
Bunyi mesin air itu terus saja menderu terbatuk-batuk. Sedari pagi, penampungan air di kamar mandi kosong. Aku dan teman-teman lainnya harus terpaksa mengambil air di rumah pak Sekdes untuk keperluan dapur, sedangkan untuk keperluan mencuci pakaian dan mandi kami pun harus rela menempuh jarak 1 km menuju sungai besar di bawah kaki gunung desa Patoloan.
“Anjas…Rohman bangun kalian, bantuin Mastang angkat air dong” teriak Essy sambil menggedor-gedor pintu kamar anak laki-laki.
“Sudah Es, percuma menyuruh mereka, apa lagi Anjas…mana mungkin dia mau angkat air, entar tangannya lecet” kata Jum
“Dasar, kordes makuttu1” umpat Essy
Aku hanya diam melihat keributan di pagi buta itu. Aku sudah malas bertengkar dengan Anjas hampir setiap hari. Kordes yang tak bertanggung jawab hanya mementingkan diri sendiri. Aku terus asyik bercanda dengan Mba’ Ian sembari menggoreng ikan dan membuat sambal. Ya, hari ini giliran aku memasak. Di posko Patoloan hanya ada 4 orang yang pandai memasak yaitu Aku, Jum, Essy dan Putri.
“Wuiiiichhhh masak apa husna?” tanya Mastahang
“Masak ikan goreng sambal tomat sama sayur bening” jawabku sambil membolak balik ikan yang ku goreng
“Husna, bikinin kopi dong, dua ya..sama pak Korcam” pinta Mastahang
“Oh…Nyoman udah pulang dari Banyu Urip?” tanyaku
“Yupsss, lemas banget tuch dia, bikinin yach kalau bisa gorengin pisang juga” jawab Mastahang
“Siip dah..” balasku
Mastahang adalah teman satu poskoku yang paling akrab denganku. Dia mahasiswa dari prodi Teknik Informatika. Gaya bicaranya yang unik, tingkah lakunya yang unik dan tentunya hatinya yang begitu baik. Kami menggelarinya sebagai “Suami Bersama”. Ya, karena hanya dialah laki-laki yang betah di posko, yang selalu membantu para gadis jika kesusahan, tidak keberatan jika motornya harus dipinjam untuk kesana-kemari dan tidak menggerutu jika dimintai pertolongan. Ku siapkan segelas kopi susu untuk Nyoman dan segelas besar kopi hitam untuk Mastahang. Kemudian, kulanjutkan membersihkan kamar tidur dan teras belakang. Sambil bercanda dengan Jum, tiba-tiba ponsel mungilku bergetar, sebuah pesan singkat masuk. Pesan singkat yang membuatku hampir terjatuh ke dalam bak sampah. Pesan itu datang dari Dekan Fsains Ibu Nururrahma Hammado
“Husna, selamat kamu lolos ke Final Mahasiswa Teladan. Besok kamu ke Palopo ya untuk prsentase karya Ilmiah kamu di Kampus 1 Gedung E. Selamat belajar Anakku…”
Aku berteriak kegeringan, ku peluk dan kucium pipi Jum berkali-kali. Jum hanya keheranan melihatku sedemikian girangya. Aku berlari ke dalam rumah menelusuri ruang dapur dan kamar tengah sambil berteriak-teriak memanggil nama April dan Nyoman. April dan Nyoman menghampiriku sambil keheranan. Ku tunjukkan pesan singkat yang baru saja ku terima kepada mereka berdua. Mereka tersenyum dan mengucapkan selamat serta mengabarkan kepadaku bahwa mereka berdua juga lolos ke dalam babak Final Mahasiswa Teladan. Bertambah senanglah hatiku, mengetahui mereka berdua juga lolos. Malam ini kupersiapkan materi presentaseku dengan rapi tidak lupa juga kupersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja akan di tanyakan oleh Dewan Juri nanti. Pukul 01.00 dini hari, mataku baru bisa terpejam. Aku pun mengambil air wudhu dan siap untuk merebahkan tubuhku di kasur kumal. Oh ya, aku tidak tidur di kamar wanita. Semenjak Jum sering kesurupan, aku tidur di ruang televisi bersama Jum ditemani oleh Mastahang dan Fajar. Fajar adalah kordes desa Sidomukti, dia selalu datang ke poskoku. Kebetulan Essy adalah pacarnya dan aku adalah tetangganya di kampung bahkan sepupu lima kali. Belum sempat kupejamkan mata, Jum berteriak-teriak sambil menggeram meraih tanganku dengan cepat.
“Wah Jum kesurupan lagi ini” pikirku
“Akkhhhhhhh…. pergi ko semua…akhhhh jangan ko disini” teriak Jum sambil terus menggeram
“Jum, sadar…. Jum…. bangun….” kataku panik.
Ku tendang pantat Mastahang dengan keras agar dia terbangun. Mastahang kaget dan duduk seperti orang bertapa. Matanya melotot dan mulutnya menganga. Beberapa saat dia hanya terdiam tanpa reaksi.
“Mungkinkah kesurupan juga ni orang” pikirku
“Mastahaaaaaaaaaaaaanggggggggggggg…..” teriakku.
Mastahang terkesiap seketika, dan mengambil air putih kemudian mulutnya komat-kamit tidak jelas. Kemudia diaberkumur-kumur dan menyemprotkan ke wajah Jum. Bukannya mereda, Jum semakin menjadi-jadi. Pak Sholeh bangun dan membangunkan penghuni posko lainnya. Pak Sholeh mulai membacakan ayat kursi dan aku, aku terus memegangi Jum sekuat tenagaku. Sebenarnya tanganku sangat sakit, cengkraman Jum begitu kuat, membuat nadiku hampir tak berdenyut. Untunglah malaikat maut belum mau mencabut nyawaku. Akhirnya Jum tertidur lemas di pangkuanku, mungkinkah roh yang merasukinya telah pergi?
Sekitar pukul 06.00 aku, April dan Nyoman telah bersiap-siap. Kami bertiga akan kembali ke Palopo untuk mengikuti babak Final Mahasiswa Teladan. Sepanjang perjalanan tak ada satu kata pun yang terucap dari kami bertiga. April disibukkan dengan makalahnya, Nyoman asyik membuka-buka BBM-annya sedang aku, aku hanya memandangi langit di luar sana. Menghitung arak-arakan awan putih yang bergelayut. Akhirnya aku tertidur di pundak Nyoman.
“Husna, bangun udah nyampe” kata Nyoman sambil membangunkanku.
Sambil menggeliat ku kucek-kucek kedua mataku dan mengambil botol air minum kemudian ku basuh wajahku. Seketika kuperhatikan penampilanku. Membolak-balikkan badan, dan menata raut muka. Ku tuju aula Gedung E di samping rektorat. Ternyata sudah banyak peserta yang berkumpul. Seingatku sekitar ada 10 peserta. Salah satunya adalah Nirvan, ketua BEM Universitas Cokroaminoto Palopo. Dia menghampiriku sambil tersenyum.
“Apa kabar ibu SekMen? Tidak ku sangka ternyata kamu masuk juga ke babak final ini” kata Nirvan
“Ya, aku juga tidak menyangka bisa masuk ke babak ini” balasku
“Oh, ya bagaimana program kerja BEM, maaf aku tidak sempat hadir dalam Proker BEM selama beberapa minggu ini” kataku sembari menunjukkan rasa penyesalan
“oh tidak apa-apa kawan, saya maklumi jika kamu nggak bisa hadir, kamu kan lagi KKN…yang penting adalah kerja nyatanya bu Sekmen” balas Nirvan
Aku tersenyum manis kepadanya, Ia pun membalas dengan senyuman yang tak kalah manis. Bapak Nirsal, Ketua Prodi Teknik Informatika terlihat memasuki ruangan. Dia mengambil alih ruangan dan meminta kami untuk duduk. Acara pembukaan Final Mahasiswa Teladan pun di mulai. Di ruangan itu nampak beberapa Dewan Juri, di antaranya pak Ilyas, Rektor, Wakil Rektor dan Ketua Senat dan beberapa Dekan. Jantungku berdegup kencang tak terkendali. Ku tatap jam dinding dan ku perhatikan sekelilingku. Tak ada yang memperhatikan acara pembukaan itu. Mereka sibuk dengan makalah yang mereka pegang. Berkomat-kamit tidak jelas. Entah apa yang mereka ucapkan, menghapalkah atau sedang memanjatkan doa yang begitu panjang. Aku pun disibukkan dengan pikiranku sendiri. Ku raih secarik kertas dan ku tulis poin-poin yang ingin aku sampaikan.
“Setiap peserta akan memasuki ruangan ini secara bergantian, waktu yang diberikan untuk presentase adalah 7-10 menit dan selanjutnya adalah sesi tanya jawab antara peserta dan dewan juri. Kriteria penilainnya adalah tampilan slide, gaya presentase, waktu presentase, jawaban dan lamanya tanya jawab, silahkan masing-masing peserta mengambil no urut” jelas Pak Nirsal
Tags »

Di Bawah Langit Makassar 2

puisi tentang langit Di Bawah Langit Makassar 2

puisi tentang langit Di Bawah Langit Makassar 2
Image by: www.ayokesekolah.com

Semilir angin dalam alunan debur gelombang
Melagu beralun indah…..
Berkejaran membentuk rangkaian dawai
Menghempas pasir hitam
Mencumbu bibir pantai
Di Tanjung Bayam,….
Berdiri memandang gelombang
Bersama engkau wahai kekasihku….
Berlari, bermain ombak bersamamu…
Bergelayut awan hitam di kaki langit
Rintik menggelembung menghempas boneka pantai
Engkau di sini kekasihku
Memelukku mesra dalam diammu….
Senyummu….pengobat hatiku
Tatapanmu….. penguat jiwaku
Belaianmu….. penawar rinduku
Wajahmu teduh, terasa nyaman

Tags »

Kikis Habis Sikap Apatis

Kikis Habis Sikap Apatis
Buat sobat Mahasiswa yang masih mencari jati diri
Kikis Habis Sikap Apatis
Image by: lalilink.blogspot.com
Hai Sobatku segala umur….mahasiswa apatis. hmmm sobat udah tahu belom apaan tuch apatis? Sobat sekalian baru dengar ya? Apatis itu sama halnya dengan sikap acuh tak acuh alias cuek githu loh…he..he…. terutama nich sobat yang menduduki jabatan sebagai mahasiswa ( pejabat kali ye.. punya jabatan ), kudu nggak boleh punya sikap apatis. Kita sebagai Agent of Change (keinget nich kata-kata senior waktu OMB) kudu punya sikap aktivis walaupun nggak 100 % yang penting ada daripada nggak ada betul nggak??? He…he… Kita sebagai mahasiswa mau nggak mau mesti peduli dengan keadaan negeri kita yang makin bobrok (maksain banget nich…) Rasulullah saw bersabda : “ Barang siapa yang ( bangun ) pagi- pagi sementara ia tidak memikirkan( mempedulikan ) urusan kaum muslim, maka ia tidak termasuk ke dalam golongan mereka (umat Islam).” ( H.R Hakim ).
Meski Rasul udah ngingetin dalam sabdanya, nggak semua pemuda terutama nich pemuda muslim ngasih respon positif. Ada yang bersikap apatis alias tak peduli terhadap permasalahan- permasalahan yang ada dalam masyarakat. Biasanya yang model beginian nich muncul dari kalangan keluarga the have yang harmonis. Mereka berkecukupan segalanya dan biasanya study oriented banget. Isi otaknya tuch cuma kampus, belajar, les dan gitu-gitu aja. Selesai dapat gelar sarjana, kerja dapat jabatan kemudian nikah setelah kebelet kawin , terus punya anak, tua dan mati..hmmm sungguh hidup yang membosankan ya.. layaknya pola hidup persis banget sama kucing.
Sikap apatis juga di tunjukkin sama mahasiswa yang aktif dalam organisasi budaya hedonis ( bukan organisasi mahasiswa loh yang punya jiwa aktivis ). Masuk kampus kerjanya bukan belajar malah pamer gaya ( emangnya kampus lagi ngadain audisi ya …) kerjaan mereka tuch three ef (3 ) yaitu food, fun and fashion. Mahasiswa yang apatis nggak terlalu peduli sama urusan negeri. Hmmm kebayangin nggak tuch negeri ini kedepannya kayak gimana kalau ngeliat pemudanya apatis begini bisa malah makin bobrok. Duh… Sobat jangan sampai jadi pemuda yang apatis ya.. minim kepekaan sosial dan cenderung steril dari sikap empati kepada sesama. Jangan- jangan hatinya udah jadi batu, atau nggak punya hati dan perasaan. Emangnya tiang listrik.
Jadi sobat mahasiswa yang masih mencari jati dirinya, jangan jadi mahasiswa apatis ya. Karena kalian hidup bukan hanya sendiri dan bukan hidup di negara yang punya kalian sendiri. Kalian harus peduli dengan permasalahan-permasalahan yang ada di negeri tercinta kita ini. Meskipun kalian nggak bisa menyuarakan lewat suara pada saat demo paling nggak kalian suarakan kepedulian kalian lewat media tulisan atau paling bagus terjun langsung ikut menata negeri ini misalnya dengan membuat sebuah perkumpulan yang peduli dengan anak-anak jalanan yang kemudian kalian didik melalui sekolah non formal secara gratis.
Apakah kalian masih ingin menjadi mahasiswa apatis? Ketika kalian melihat kondisi negeri kita ini. Ketua KPK yang di tuduh telah melakukan pemalsuan kartu keluarga, bermain dengan perempuan, wakil ketua KPK yang ditangkap tanpa etika, Calon Kapolri yang ternyata adalah seorang koruptor. Masih maukah kalian menjadi mahasiswa apatis? Ketika negeri ini sibuk dengan dunia politiknya tanpa memperdulikan permasalahan sosial, dan negara lain seperti Malasyia, Singapura, Jepang dan Jerman sedang berlomba-lomba memajukan negaranya melalui bidang sains dan IT. Jawaban dari pertanyaan itu ada pada diri kalian sendiri. Mau jadi mahasiswa apatis maka kalian akan mati tanpa melakukan apa-apa untuk negeri atau kalian menjadi mahasiwa yang aktif peduli pada negeri. So… kikis habis sikap apatismu dan tunjukkan kepedulianmu terhadap negeri nusantara ini…. Oke
Tags »

Kata-Kata Motivasi Terpopuler 2015 Untuk Semangat Hidup dan Pengetahuan

Kata-kata motivasi adalah penyemangat hidup yang biasanya keluar dari mulut atau pena orang-orang yang bijak. sehingga dapat mempengaruhi kehidupan masing-masing, baik dalam hal semangat hidup ataupun pengetahuan dunia. Kumpulan Motivasi ada banyak ada Motivasi Cinta, Motivasi bijak, Motivasi Sukses, dll

Nah untuk kali ini, tim kitaberbagi.info akan memberikan kata-kata motivasi yang akan memberikan semangat hidup anda. kata-kata motivasi ini kami rangkum dengan judul Kata-Kata Motivasi Terpopuler 2015 Untuk Semangat Hidup dan Pengetahuan.

baca juga: Di Bawah Langit Makassar 1

Berikut kata-kata motivasi 2015 yang terpopuler:

Kelemahan manusia adalah melakukan kesalahan. tapi belajar dari kesalahan adalah kelebihan manusia

Sukses adalah ketika kita melakukan yang terbaik yang kita bisa, dengan apa yang kita miliki sendiri. Bukan dengan mengharapkan apa yang menjadi milik orang lain.

Hidup itu layaknya waktu yang terus berjalan dan takkan pernah bisa kembali lagi. Jadi pergunakanlah waktumu sebaik mungkin

Langkah terbaik untuk meramalkan masa depan adalah dengan cara menciptakan sendiri masa depan tersebut

Kebiasaan mengucap syukur akan menambah energi baru. Kebiasaan mengeluh akan menambah beban baru.

Jika kamu tulus mencintainya, jangan pernah hiasi matanya dengan air mata, telinganya dengan dusta, dan hatinya dengan luka.

Orang yang mampu belajar dari kegagalan adalah pemenang, namun orang yang selalu menutupi kegagalan adalah pecundang

Jangan pedulikan orang yang mencaci maki dan membenci anda, karena dia bukan orang yang pantas mendapat perhatian dari anda. Karena yang paling utama adalah orang yang selalu ada untuk anda.

Jika engkau gagal pada hari ini, janganlah engkau berputus asa, karena masih ada hari besok dan seterusnya yang akan mengajakmu menjadi lebih sukses.

Mereka yang berbahagia bukanlah mereka yang hidup tanpa masalah, tapi mereka yang terampil mengelola setiap masalah menjadi penuh hikmah

Yang terpenting, ketika bertemu masalah jangan malah mengeluh, karena itu justru akan menambah beban baru,

Seseorang dikatakan gagah perkasa, itu bukanlah orang yang bertubuh besar dan kuat, namun orang yang mampu mengendalikan emosinya pada waktu dia  marah

Bahagia itu adalah mereka yang bangga menjadi dirinya sendiri, tanpa mengkuawatirkan apa yg dipikirkan orang lain pada dirinya.

Jangan lukai hati orang yang mencintaimu jika kamu tak ingin disakiti oleh orang yang kamu cintai

Kecantikan dari penampilan luar dapat menarik mata dan pandangannya, tapi kecantikan dari dalam hati dapat menarik hatinya

Pacaran itu tidak harus selalu dimanjakan dan disayang, tapi ada hal yang lebih penting dari semua itu, diajarkan cara saling menghormati pasangan dan saling menerima

Jangan pernah melihat siapa yang berbicara, namun lihatlah tentang apa yang disampaikannya

Bahagia itu tidak berarti segalanya sempurna. Bahagia yang sesungguhnya adalah ketika anda memutuskan untuk melihat  sesuatu secara sempurna.

Hanya dengan penuh  keyakinan kita mampu memindahkan gunung, namun tanpa persiapan kita bisa tersandung oleh batu kecil

Jadilah pribadi seperti layaknya padi, yang semakin tua, semakin merunduk.

Suatu cara nyata untuk membedakan Anda dengan saingan Anda adalah pelayanan yang Anda sajikan

Berfikirlah untuk bisa merubah dirimu sendiri dahulu, sebelum engkau berfikir untuk bisa merubah dunia

Penyesalan itu selalu hadir di belakang, kalaupun di depan itu namanya bukan penyesalan, melainkan pendaftaran

Jangan tinggalkan seseorang yang baik hanya untuk mencari yang lebih baik. Jika nanti yang baik itu adalah yang trbaik, ia pun telah pergi

Tidak perlu mencari yang sempurna, jika yang sederhana saja sudah bisa membuat kita bahagia

Keberhasilan serta kegagalan kita dalam meraih sesuatu, selalu erat hubungannya dengan cara kita untuk membina sebuah hubungan antar sesama

Kebanyakan orang hidup dalam penjara yang membatasi dirinya, namun hal tersebut bukanlah penjara besi melainkan penjara yang berasal dari dalam fikirannya sendiri.

Mulailah sesuatu itu dari nol, agar anda bisa merasakan indahnya perjuangan dan kesuksesan

Di dalam diri kita sudah diberikan Tuhan kemampuan yg sangat hebat utk kita gunakan secara maksimal

Sebagian besar orang berhasil tidak karena mereka ditakdirkan, melainkan karena mereka memfokuskan hati untuk melakukan hal itu

Jangan menyerah atas impianmu. Impian memberimu tujuan hidup. Ingatlah, bahwa sukses bukan kunci utama kebahagiaan. Semangat!

Kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi pada hari ini, namun kita bisa melakukan cara terbaik untuk menghadapi hari esok

Kesalahan hanya membuatmu belajar dewasa. Seutas senyum mampu meringankan luka. Sahabat akan setia saat kamu membutuhkannya

Jangan jadi manusia INSTAN yang mau mudahnya saja, tapi jadilah manusia INTAN yang sukses karena Proses

Daripada mengatakan “Bisa, tapi sulit” Lebih baik mengatakan “Memang sulit, tapi Bisa !”

Tuhan telah menciptakan pelangi tuk mewarnai langit, dan Tuhan menciptakan sahabat tuk mewarnai perjalanan hidupmu

Kebanyakan seseorang dihargai bukan dikarenakan sesuatu yang telah dia miliki, tapi karena apa yg sudah dia lakukan.

Hidup yang tak punya tujuan sama saja seperti layang-layang yang putus, genggam tujuan dan percayalah kita mampu meraihnya

Berhenti mencari kesalahan orang lain untuk mengalahkannya, karena kamu sendiri belum pasti lebih baik dari dia

Seseorang yang optimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapetaka, sedangkan orang pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan

Jangan menunggu sukses baru bersyukur, tapi bersyukurlah, maka pasti bertambah kesuksesanmu
Yuk sama-sama mengucap syukur atas segala nikmat yang sudah kita dapat hari ini

Ingatlah kata pepatah ” Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan besok harus lebih baik daripada hari ini “

Sukses tidak datang dari apa yang diberikan oleh orang lain, tapi datang dari keyakinan dan kerja keras kita sendiri

Saat kita terjatuh, maka tersenyumlah. Karena orang yang pernah jatuh adalah orang yang melakukan perjalanan untuk menuju kesuksesan

Jika anda ingin meraih sukses, hindarilah untuk berfikir tentang kegagalan, namun berfikir dan berusahalah untuk berhasil

Ada banyak ‘drama’ dalam hidup, tapi kamu tak perlu jadi pemainnya jika kamu tak menginginkannya
Pilih yang baik dan yang kamu suka,

Ketika dia yang Anda cinta mengatakan bahwa kamu tak cukup baik baginya, kamu harus menyadari hidupmu jauh lebih baik jika tanpanya

Bersedih adalah suatu hal yang wajar, tapi jangan sampai kesedihan tersebut melemahkan hatimu hingga kamu berputus asa

 Otak dapat mengambil nasihat, tapi tidak hati dan cinta, tidak memiliki geografi, tidak mengenal batas

Sangat dicintai oleh sseorang membuatmu memiliki kekuatan, sementara sangat mencintai seseorang membuatmu memiliki keberanian

Selama kita masih hidup tidak ada hukuman; yang ada adalah peringatan agar kita memperbaiki diri.

Jika kehidupan membuat diri menangis, ingat ada ribuan kenangan indah yang membuat kita tersenyum

Kebencian adalah penyakit yang mematikan kebaikan.

Cukup sekian kata-kata motivasi ini, semoga bermanfaat.

Tags »

Jadilah Engkau Seorang Aktivis

March 14th, 2015 arti kata kata, Pengalaman

Ini adalah kata kata aktivis

Jadilah Engkau Seorang Aktivis
Kupersembahkan untuk adik-adik mahasiswa
Untuk sobatku yang masih menduduki jabatan sebagai mahasiswa,
Apakah kalian masih ingat dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para senior kalian saat pertama kali menjejaki dunia kampus?. Ya kalian diberikan sebuah pertanyaan sekaligus pilihan, mau jadi mahasiswa yang aktivis atau akademis?? Dua-duanya sangat penting karena keduanya merupakan ciri mahasiswa yang ideal. Mahasiwa yang memiliki Tri Dharma Mahasiswa yaitu Agent of Change, Moral Force dan Social Control. Dimana mahasiswa adalah pembawa perubahan (yang bener???? Bener loh…) Sejarah gerakan mahasiswa berawal pada tahun 1908 oleh mahasiswa Budi Utomo (wah…Sobat belum lahir tuch). Kemudian setelah itu tahun 1928 terbentuklah PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) yang menciptakan sebuah momentum lahirnya Sumpah Pemuda ( Sobat masih inget kan dengan isi Sumpah Pemuda?). Terus sobat mahasiswa masih inget nggak waktu Soekarno turun jabatan alias tumbangnya pemerintahan Soekarno? Kenapa bisa tumbang? Ya pemicunya antara lain adanya stabilitas politik, inflasi ekonomi dan pertarungan ideologi. Siapa hayo yang membuatnya turun?? Ya mahasiswa, salah satunya adalah mahasiswa UI yang tergabung dalam KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) di situ tuch awal mulanya mahasiswa indonesia dari berbagai organisasi bersatu (begitulah sepenggal cerita dari film Soe Hoek Gie ). Terbuktikan bahwa mahasiswalah yang membawa perubahan. Mau bukti lagi…inget nggak sama peristiwa turunnya Soeharto dan pergantian masa orde lama ke masa orde baru? Siapa yang melakukan perubahan? Ya Mahasiswa……seluruh mahasiswa di Indonesia unjuk rasa tuch (keinget lagi nich sama tragedi Tri Sakti ). Ya itulah sekilas mengenai Mahasiswa ….
Nah sobat mahasiswa , bersyukur dech karena masih ada pemuda-pemuda yang kritis dan peduli terhadap bangsa ini. Kelompok pemuda kayak gini nich yang memilki kepekaan dan rasa memiliki lingkungan sekitar dan masyarakat yang sedang dirundung masalah sehingga membangkitkan sikap kritisnya. Kemudian pemuda- pemuda ini bergabung dalam sebuah gerakan organisasi yang memperjuangkan nasib rakyat. Insting kepemimpinan dan kepahlawanan mereka terasah disana dan mereka terus bergerak untuk menyerukan perlawanan serta perubahan. Ada yang bergabung dengan gerakan mahasiswa di kampusnya, atau organisasi nasional lintas kampus. Mereka aktif turun kejalan untuk menyuarakan pendapatnya. Nggak cuma di ibukota, di daerah- daerah juga suara protes mahasiswa lumayan lantang terdengar. Kebijakan pemerintah yang tak berpihak pada rakyat kecil menjadi sasaran empuk kaum intelektual muda untuk dikritik. Nggak ketinggalan kebijakan rektor yang di anggap merugikan mayoritas mahasiswa juga di angkat sebagai tema aksi. Namun sayangnya, semangat teman-teman mahasiswa dalam menyampaikan protes seringkali berujung bentrok fisik dengan aparat,seolah kisruh bentrok sudah menjadi bagian dalam setiap aksi mahasiswa (keinget nich ma aksi anti korupsi 9 September 2011 di depan kantor wali Kota Palop ). Padahal boleh jadi kerusuhan dalam aksi tersebut adalah puncak dari kekecewaan terhadap respon pemerintah yang menganggap suara mereka hanyalah angin lalu. Atau mungkin peserta aksinya yang terlalu emosional sehingga mudah terprovokasi oleh oknum mahasiswa yang pengen ada kerusuhan dalam aksinya biar rame githu dan bisa masuk media …wah… jadi seleb nich..he…he..hati- hati tuch!.
Ada juga teman-teman yang bergabung dalam gerakan-gerakan dakwah. Mereka mengkaji Islam bersama-sama. Nggak cuma nyampe situ aja, mereka pun berdakwah kepada teman-temannya di kampus untuk turut belajar dan menyerukan kepada masyarakat untuk kembali pada syariat Islam secara kaffah. Aktivitas mereka murni hanya aktivitas pemikiran, tanpa menggunakan cara-cara fisik sedikit pun. Mereka dilatih untuk bersikap kritis dalam merespon berbagai problematika umat. Jadi teman-teman tetaplah jadi mahasiswa yang aktivis alias radikal tapi jangan ngasal upssss jangan lupakan kampusnya juga. Terkadang mahasiswa yang aktivis dan tergabung dalam organisasi sering kali tidak peduli dengan kulianya. Upssss apa untungnya coba kalau cuma jadi Public Speaker tapi nggak berisi malu donk…. Jadi aktivis oke akademis tambah oke jadi gabungan keduanya sungguh luar biasa… ( ingat nilai-nilai identitas seorang mahasiswa )

Catatan dari penulis :

Sobat mahasiswa, menjadi seorang organisatoris itu tidak menjadi masalah, tetapi ingat seorang organisatoris juga harus mampu menjadi seorang akademis. Kedua pilihan ini harus diseimbangkan dengan menjadi seorang aktivis sejati. Aktivis sejati adalah mereka yang mampu membela kebenaran dengan pikiran dan tindakan nyata, aktivis sejati adalah mereka yang mampu mengukir prestasi dan mengharumkan nama almamater membawanya hingga ke cakrawala. Aktivis sejati adalah mereka yang mampu menjadi pohon, memberikan keteduhan dan kenyamanan. So.. sobat tentukan pilihanmu sekarang mau jadi yang mana Organistoris, Akademis atau Aktivis???
Tags »

Di Bawah Langit Makassar 1

Di Bawah Langit Makassar 1

Di Bawah Langit Makassar 1
Image By kaskus

Langit mulai ceria, dengan senyum menawan menghias birunya langit.
Awan putih berarak membentuk rupa nan indah
Di bawah sana, sejuta manusia yang bersembunyi di bawah mantel
Kini menampakkan wajahnya
Bising pun semakin menguat
Memekak telinga para pejalan
Tak peduli dan terus saja berteriak
Mendendangkan lagu tanpa nada
Tersirat senyum manis itu lagi
Begitu lembut, tulus dan menyentuh
Sungguh, tak ingin aku melepas sedetik pun
Tetap ingin ada di sini melihatnya, melewati hari bersamanya

Rasa ini semakin kuat
Seperti bom yang siap meledak
Tak mampu ku tahan
Hingga derai air mata pun tak terbendung lagi
Tuhan, andai ia tahu
Apa yang ku rasa untuknya
Betapa ingin aku ada di hatinya
Melengkapi hidupnya
Namun, tetap ku tahan rasa ini
Hingga waktu yang kan menjawab

Tags »

Sepotong Kata Maaf Untuk Kakakku

Sepotong Kata Maaf Untuk Kakakku – kata maaf untuk kakak ini ditulis oleh husna, seorang wanita yang merasa dirinya bersalah pada saudaranya sendiri dengan kata lain adalah kakak-nya sendiri, dia menuliskan puisi ini agar sang kakak tersayang bisa menerima permintaan maafnya. nah, untuk itu jika anda mencari kata-kata maaf buat kakak atau saudara anda, maka anda bisa mencobanya mengirimkan sebuah puisi buat kakak anda. simak puisinya di bawah ini.

Baca: Arti Persahabatan Yang Sebenarnya; Engkau Tetap Sahabatku.

Sepotong Kata Maaf Untuk Kakakku

Sepotong Kata Maaf Untuk Kakakku

karya by: Husna
September, 2011 sekretariat Kohati MPO

Kakakku
Masihkah kau izinkan ku menyapamu sebagai kakakku?
Sungguh aku sangat “menyesal”,
Apakah penyesalanku ini masih berguna untukmu
Tapi, dihari ini aku ingin kau tetap tahu…
Aku sangat menyesal & penyesalan itu hanya dapat ku rasakan dalam hatiku sendiri,
Sungguh aku sangat menyesali, atas apa yang telah kulakukan padamu,
Aku sangat tahu kakakku
Kau pasti kesal, marah, kecewa bahkan mulai benci padaku,
Aku sangat tahu kakakku
Ada sepotong hati yang terluka karena kelakuanku,

Kakakku
Masih inginkah engkau mendengar suaraku?
Sudikah engkau memaafkanku,
Atas yang telah kulakukan padamu,
Ma’afkan kekhilafanku,
Sungguh aku mohon maaf kakakku

Kakakku
Masihkan kau rasa aku seorang adik untukmu ?
Aku tak ingin jika aku kehilangan kakak sepertimu,
Aku tak mau jauh dari seorang kakak sepertimu,
Aku tak rela hari-hari ini hampa karena marah yang ada di hatimu,

Kakakku
Yang ku mau hanyalah kata maaf darimu
Tapi kuberharap dan mohon dengan sangat,
Sepotong kata Maaf,…maaf…. & ….maaf darimu,
Sekali lagi aku hanya minta sepotong darimu,
Maaafkan aku,
Semoga jika kau berkenan memberikan sepotong kata itu untukku,
Semoga kau akan tetap berkenan menaburkan tinta warna yang indah,
Bagi persahabatan kita,
Aku tak pernah bosan menunggu,
Agar Kau, Aku, Kita selalu seindah pesona warna dalam hati,
Dalam hati sanubari “Persaudaraan Kita”

(Ku persembahkan untuk Kak Dian dan Kak Mardiana)

***********Puisi Selesai***********
Baca Juga: Kata-Kata Motivasi Terpopuler (Dapat digunakan untuk meminta Maaf)

Tulislah puisi ini dalam sebuah pesan singkat atau chat BBM, atau anda pula mencoba trik jadul dengan mengirimkan surat kepadanya yang isinya puisi sepotong kata maaf untuk kakakku. silahkan dicoba dan jangan sampai persaudaraan anda putus di tengah jalan (wajib baca: Penjelasan Putus Cinta Dalam Islam dan Hikmahnya). bagaimana sahabat kitaberbagi? Selamat mencoba.

Direkomendasikan Untuk Anda:

  1. Jerat Cinta
  2. Awas Kena Rayuan Gombal Laki-laki yang Katanya Islami
  3. Cinta Itu Butuh Kesabaran
  4. Ya Tuhanku Letakkan Cintaku Hanya Pada Kekasih Halalku
Tags »

Perubahan Besar dan Aneh Pria Dalam Hidupnya Setelah Menikah

March 12th, 2015 Lifestyle, nikah, Pengalaman, Syarat Nikah
Perubahan bisa menjadi Syarat Nikah. Kadang seseorang setelah menikah terdapat perubahan besar dan bisa dibilang cukup aneh setelah menikah. baik itu pria ataupun wanita, perubahan ini terjadi baik secara fisik, emosional, gaya hidupnya, bahkan perilaku financialnya.
Seperti yang dilansir boldsky perubahan yang aneh ini ternyata bisa terjadi karena adanya perkimpoian pada pasangan yang sudah menikah. lalu bagaimana perubahan yang cukup aneh ini? berikut penjelasannya:
Perubahan Besar dan Aneh Pria Dalam Hidupnya Setelah Menikah
Image: Google

1. Perut Semakin Membuncit

Setelah beberapa bulan menikah, Anda akan melihat bagian perut yang serlahan membesar. Pada lelaki, semakin lama usia perkimpoiannya maka perutnya juga cenderung semakin membuncit. Ini terjadi lantaran adanya anggapan bahwa kebahagiaan dalam perkimpoian membuat lelaki tak mempedulikan lagi bentuk tubuhnya.

Kemudian masakan sang istri sungguh menggoda selera nafsu makan para suami yang membuat semakin buncitlah perutnya.

2. Lebih Sering Nonton Serial Drama Keluarga

Sebelum menikah, para pria sangat gemar menonton tayangan Olahraga bagaimana tidak, mereka bela-belain begadang sampai subuh hanya untuk menonton olahraga kesukaannya misalnya Football, tetapi setelah menikah pria lebih banyak menonton serial drama bersama istrinya. Ini terjadi lantaran ketularan hobi istrinya atau sang istri tercinta tidak lagi membiarkan suaminya menonton tayangan olahraga lagi, mau tidak mau sang pria harus merelakan ini. karena rasa terpaksa ini keseringan menonton serial drama, Lama kelamaan para suami pun menemukan kenikmatan tersendiri saat nonton serial tersebut, dan akhirnya benar-benar bisa menikmati.

3. Lebih Pengertian

Lelaki kadang kurang mengerti perasaan perempuan, itu karena lelaki memang mempunyai perasaan yang kurang sensitif dibanding dengan wanita. makanya setelah menikah, pria lebih sering mengerti pasangannya dan menghafal perilaku pasangannya.

4. Bohongnya Kreatif

Bagi Pria yang sudah menikah Bohongnya makin kreatif. ada saja ide-ide dan alasan yang dikeluarkan agar bisa dizinkan keluar rumah untuk bertemu dengan teman-temannya.

5. Semakin Suka Menolong

Lelaki yang sudah menikah lebih suka menolong sesama tetangga atau sesama teman-temannya agar tidak mengalami kehancuran. lelaki lebih suka membatu tetangga yang butuh bantuan.

6. Ekspresi Terbarunya, Mengerutkan Kening

saat konflik dengan pasangan, lelaki cenderung memilih untuk diam sembari mengerutkan kening. Ekspresi ini dilakukannya untuk menghindari konflik menjadi berkepanjangan.

7. Menyadari Banyak Perempuan Cantik

Setelah menikah sekian lama, lelaki cenderung baru menyadari bahwa di luar sana ada begitu banyak gadis cantik yang selama ini luput dari pandangannya. So, jangan terlalu sering yah lirik sana lirik sana. rumah tangga bisa kacau. 🙂
Bagi yang sudah menikah, Sekarang lihat perubahan pada diri anda. apakah sesuai dengan beberapa kriteria di atas? Sekian dulu artikel tentang Perubahan Besar dan Aneh Pria Dalam Hidupnya Setelah Menikah. semoga bermanfaat.
Tags »
Page 16 of 16 1 13 14 15 16