Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Akan Dibuka! Berikut Jadwal dan Persyaratan Pendaftarannya.

0 220

Tahap seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024 akan dilaksanakan dalam tiga periode. Tahap pertama dijadwalkan pada minggu ketiga bulan Maret 2024, tahap kedua pada bulan Juni 2024, dan tahap ketiga pada bulan Agustus 2024.

Proses seleksi ini akan menempatkan sekitar 2,3 juta individu ke dalam berbagai posisi yang tersedia, termasuk di antaranya guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya sesuai dengan kebutuhan yang ada. Pemerintah berkomitmen untuk menempatkan sekitar 690 ribu lulusan baru atau fresh graduate dalam rangka seleksi CPNS tersebut.

Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Menurut informasi yang diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), jadwal seleksi CPNS 2024 direncanakan sebagai berikut:

  • Pendaftaran: Maret – April 2024
  • Seleksi administrasi: Mei 2024
  • Seleksi kompetensi dasar (SKD): Juni – Juli 2024
  • Seleksi kompetensi bidang (SKB): Agustus – September 2024
  • Pengumuman kelulusan: Oktober 2024
  • Pelatihan dasar (Latsar): November 2024 – Januari 2025
  • Pengangkatan CPNS: Februari 2025

Formasi CPNS 2024 dan PPPK yang Diterima

  • Jumlah formasi CPNS yang akan dibuka pada tahun 2024 mencapai 207.247. Formasi ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu:
    Formasi umum: 177.020
  • Formasi khusus: 30.227

Formasi khusus dalam seleksi CPNS 2024 akan mencakup formasi untuk beberapa kelompok, termasuk:

  1. Penyandang Disabilitas: Formasi ini dirancang khusus untuk individu dengan disabilitas, memberikan kesempatan yang adil dan inklusif bagi mereka untuk berpartisipasi dalam pelayanan publik.
  2. Putra-Putri Papua dan Papua Barat: Formasi ini bertujuan untuk mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah Papua dan Papua Barat, memberikan kesempatan yang lebih besar bagi putra-putri daerah tersebut untuk berkontribusi dalam administrasi pemerintah.
  3. Putra-Putri Lulusan Terbaik Perguruan Tinggi Negeri (PTN): Formasi ini memberikan pengakuan dan kesempatan istimewa bagi lulusan terbaik dari perguruan tinggi negeri, memastikan bahwa mereka dapat memberikan kontribusi terbaik mereka dalam pelayanan publik sesuai dengan kebutuhan negara.

Persyaratan CPNS dan PPPK 2024

Untuk dapat mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024, calon pelamar harus memenuhi persyaratan umum berikut:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran.
  3. Pendidikan minimal lulusan SMA/SMK/sederajat atau yang memiliki tingkat pendidikan yang setara dengan itu.
  4. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
  5. Tidak memiliki catatan pidana, terutama tidak memiliki catatan pidana dengan pidana penjara.
  6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), atau sebagai pegawai swasta.

Cara Mendaftar CPNS dan PPPK 2024

Untuk mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi portal SSCASN BKN yang akan disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).
  2. Siapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pasangan (jika berlaku). Pastikan informasi ini valid dan akurat.
  3. Ikuti petunjuk yang tersedia di portal untuk proses pendaftaran secara online. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan tepat sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
  4. Unggah dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti foto, scan identitas, ijazah, transkrip nilai, dan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.
  5. Verifikasi dan periksa kembali semua informasi yang Anda masukkan sebelum mengirimkan formulir pendaftaran.
  6. Setelah selesai, kirimkan formulir pendaftaran Anda melalui portal SSCASN BKN sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan.
  7. Tunggu konfirmasi atau pengumuman lebih lanjut dari BKN mengenai status pendaftaran dan jadwal seleksi lanjutan.

Pastikan untuk mematuhi semua ketentuan dan persyaratan yang berlaku selama proses pendaftaran. Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi layanan dukungan yang disediakan oleh BKN.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja.

Tips Sukses Dalam Mengikuti Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Berikut beberapa tips untuk sukses dalam mengikuti seleksi CPNS 2024:

  1. Pelajari Materi Seleksi Dengan Baik: Kenali format ujian dan materi yang akan diuji. Persiapkan diri Anda dengan mempelajari buku-buku referensi dan materi terkait bidang yang Anda minati.
  2. Latihan Soal Secara Rutin: Lakukan latihan soal secara teratur untuk meningkatkan pemahaman dan kecepatan Anda dalam menjawab soal ujian. Gunakan sumber latihan yang berkualitas dan sesuaikan dengan format ujian yang dijadwalkan.
  3. Jaga Kesehatan dan Kebugaran: Kesehatan fisik dan mental sangat penting selama proses persiapan dan saat mengikuti ujian. Pastikan Anda istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan tetap aktif secara fisik untuk menjaga kesehatan Anda.
  4. Bersikap Tenang dan Percaya Diri: Pertahankan ketenangan dan percaya diri saat menghadapi ujian. Atur waktu dengan baik, fokus pada soal yang Anda kuasai terlebih dahulu, dan jangan panik jika menghadapi soal yang sulit.
  5. Mental dan Fisik yang Sehat: Jaga kesehatan mental dan fisik Anda selama proses persiapan dan saat mengikuti ujian. Istirahat yang cukup, berolahraga, dan temukan cara untuk mengatasi stres dengan baik.

Dengan mempersiapkan diri secara matang dan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam seleksi CPNS 2024. Tetaplah bersemangat dan percaya pada kemampuan Anda untuk meraih cita-cita dalam berkarier di sektor pemerintahan. Semoga sukses!

Partner Sumber:

Distibutor Semen
Distibutor Besi
Distributor Pipa PVC
Jual Bata Ringan

Last Updated on 2024-03-17 by admin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Lewat ke baris perkakas