8 Karakter Wanita Terbaik yang Patut Dijadikan Istri


8 Karakter Wanita Terbaik yang Patut Dijadikan Istri - Karakter Wanita. Sifat atau karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri.

Pasti selalu diidam-idamkan oleh para lelaki. tak hanya lelaki, wanita pun berupaya mempunyai karakter terbaik luhur nan mulia. lagi melenakkan hati bagi sesiapa saja memilikinya.

Nah berikut ini adalah 8 karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri.

8 Karakter Wanita Terbaik yang Patut Dijadikan Istri

8 Karakter Wanita Terbaik

1- Menutup Aurat 

Karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri itu suka menutup auratnya. Aurat wanita yaitu semua badannya terkecuali muka serta telapak tangan.

Itu menurut pendapat terkuat diantara pendapat beberapa ulama. 

Allah Ta’ala berfirman, 
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
"Hai Nabi, katakanlah pada isteri-isterimu. anak-anak perempuanmu serta isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya ke semua badan mereka“. Yg sekian itu agar mereka lebih gampang untuk di kenal. karenanya mereka tak di ganggu. Serta Allah yaitu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Ahzab : 59). 
Jilbab tidaklah penutup muka. Tetapi jilbab yaitu kain yg digunakan oleh wanita sesudah menggunakan khimar. Sedang khimar yaitu penutup kepala.
Baca Juga: Sebaik-Baik Wanita Ialah Yang Paling Mudah (Ringan) Maharnya

2- Berbusana dengan Penuh Prasyarat Baju yg Syar’i 

karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri. sepatutnya bisa memenuhi persyaratan berbusana yang kami sarikan dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. 

Prasyarat Karakter wanita pertama: Menutupi semua badan (termasuk juga kaki). terkecuali muka serta telapak tangan. 

Prasyarat ke-2: Bukanlah menggunakan baju untuk berhias diri. (ingat itu.!!!)

Prasyarat ketiga: Harus Longgar. tidak ketat, tidak terlalu tipis sehingga melukiskan bentuk lekuk badan. 

Prasyarat ke empat : Tidak di beri aroma atau minyak wangi.
Dari Abu Musa Al Asy’ary bahwanya ia berkata. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. 
أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ
Seorang wanita yg mengenakan wewangian lantas melalui sekumpulan lelaki supaya mereka mencium bau harum yg dia pakai. maka wanita itu adalah seseorang pelacur. ” (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi serta Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’ no. 323 mengatakan kalau hadits ini shohih) 
Prasyarat ke lima : Tidak menyerupai pakaian pria atau baju non muslim.
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata.
لَعَنَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – الْمُخَنَّثِينَ مِنَ الرِّجَالِ ، وَالْمُتَرَجِّلاَتِ مِنَ النِّسَاءِ
Rasulullah melaknat golongan pria yg mirip kaum hawa serta kaum hawa yg mirip golongan pria.” (HR. Bukhari no. 6834) 

3- Betah Tinggal di Rumah 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah menyampaikan.
Tidak halal untuk seseorang istri keluar dari rumah terkecuali dengan izin suaminya. ” Beliau juga berkata. “Bila si istri keluar rumah suami tanpa ada izinnya bermakna ia sudah berbuat nusyuz (pembangkangan). bermaksiat pada Allah Ta’ala serta Rasul-Nya. dan layak memperoleh siksa. ” (Majmu’ Al-Fatawa, 32 : 281) 
Seharusnya karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri. harus betah tinggal dirumah. dan bukannya suka berlenggok kesana kemari seperti pelacur saja.

4- Mempunyai Sifat Malu 

Persyaratan karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri ini. dapat harusnya ada pada tiap-tiap wanita. Misalnya yaitu saat bergaul dengan pria.

Wanita yg baik semestinya mempunyai karakter malu yg begitu.

Coba cermati contoh yg bagus dari wanita di jaman Nabi Musa ‘alaihis salam. Allah Ta’ala berfirman.
Dan ketika ia hingga di sumber air negeri Mad-yan ia menjumpai disana beberapa kumpulan orang yg tengah meminumkan (ternaknya). serta ia men- temui di belakang orang banyak itu, dua orang wanita yg tengah menghalangi (ternaknya). Musa berkata : “Apakah maksudmu (dengan berbuat demikian)?.” Ke-2 wanita itu menjawab: “Kami tidak bisa meminumkan (ternak kami), sebelumnya pengembala-pengembala itu memulangkan (ternaknya), tengah ayah kami yaitu orangtua yg sudah lanjut umurnya”. Jadi Musa memberikan minum ternak itu untuk (membantu) keduanya. ” (QS. Qashash : 23-24).
Lihatlah bagaimana bagusnya karakter ke-2 wanita ini. mereka malu berdesak-desakan dengan golongan lelaki untuk meminumkan ternaknya. 

Tetapi cobalah pikirkan dengan Karakter wanita di jaman saat ini seperti apa?.

5- Patuh serta Menggembirakan Hati Suami 

Karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri salah satunya patuh pada suami. Melenakkan hati jika dipandang. serta juga tak membangkang yang membuat suami tidak suka. itulah sebaik-baik wanita.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, 
قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ
Pernah di tanyakan pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Siapakah wanita terbaik?.” Jawab beliau. “Yaitu yg paling menggembirakan bila diliat suaminya, mentaati suami bila diperintah, serta tak menyelisihi suami pada diri serta hartanya hingga membuat suami benci”. (HR. An-Nasai no. 3231 dan Ahmad 2 : 251. Syaikh Al Albani menyampaikan kalau hadits ini hasan shahih) 

6- Melindungi Kehormatan, Anak serta Harta Suami 

Allah Ta’ala berfirman. 
فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ
Sebab itu maka wanita yg saleh. adalah yg patuh pada Allah lagi pelihara diri saat suaminya tak ada.” (QS. An Nisa’ : 34). 
Ath Thobari menyampaikan dalam kitab tafsirnya (6 : 692).
Wanita itu melindungi dianya saat tak ada suaminya. juga ia melindungi kemaluan serta harta suami. Selain itu, ia harus melindungi hak Allah serta hak diluar itu. ” 

7- Bersukur dengan Pemberian Suami 

Poin ke 7. karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri mesti pintar berterima kasih. Baik kepada suaminya atas semuanya yg sudah diberikan kepadanya.

Jika tidak, istri akan bertemu dengan ancaman neraka dari Allah Ta’ala. naudzubillah.

8- Berdandan serta Berhias Diri Cuma Khusus untuk Suami 

Beberapa istri sekarang ini dihadapan suami bergaya seperti tentara. berbau arang (dengan kata lain : dapur). serta tidak sering ingin berhias diri.

Tetapi saat keluar rumah, ia keluar seperti bidadari. Ini sungguh terbalik. Semestinya karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri. jika didalam rumah, ia berupaya mengasyikkan suami.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata.
قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ
Pernah di tanyakan pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Siapakah wanita yg terbaik?. ”Jawab beliau. “Yaitu yg paling mengasyikkan bila diliat suaminya, mentaati suami bila diperintah, serta tak menyelisihi suami pada diri serta hartanya hingga bikin suami benci.
(HR. An-Nasai no. 3231 serta Ahmad 2 : 251. Syaikh Al Albani menyampaikan kalau hadits ini hasan shahih) 
Macam-macam hadits sahih bisa dilihat di Sini www.lidwa.com

Dan cukup sekian artikel karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri ini.

Mudah-mudahan berguna untuk tiap-tiap wanita. dan memiliki karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri.

Moga Allah memberikan taufik untuk mengamalkannya. dan mendapatkan cap karakter wanita terbaik yang patut dijadikan Istri dari Allah. dan Juga para Malaikatnya serta menjadi Istri-istri yang sholehah.

Aamiiin. Allahumma Aamiiin. Sekian dan terima kasih.


Jika Anda Ingin Curhat Atau Punya Tulisan Yang Menarik Untuk Di Publish Di Website Ini, Silahkan Kirim Ke boys.madil@gmail.com

0 Response to "8 Karakter Wanita Terbaik yang Patut Dijadikan Istri"

Posting Komentar