HOME
Home » Lifestyle » rumah tangga bahagia » rumah tangga harmonis » rumah tangga sakinah » Tips Membangun Rumah Tangga Harmonis

Tips Membangun Rumah Tangga Harmonis

Posted at May 2nd, 2015 | Categorised in Lifestyle, rumah tangga bahagia, rumah tangga harmonis, rumah tangga sakinah
Siapa yang tidak mengidam-idamkan rumah tangga harmonis. bahkan para jomblo sekalipun pasti sudah memimpikan rumah tangga yang sakinah mawaddah dan warahmah. sehingga keluarganya bakalan tentram dan damai untuk menjalani keluarganya.

Rumah Tangga Harmonis

Rumah tangga yang benar-benar harmonis adalah seseorang yang sudah menikah dan membina keluarganya menjadi lebih baik dan saling pengertian maka itulah rumah tangga yang harmonis. Siapapun orang tersebut yang sudah menjalani pengikatan tali pernikahan pasti menginginkan atmosfer rumah tangga yang harmonis. untuk itu yang pertama mereka pikirkan adalah bagaimana membangunnya.

Dan berikut ini ada beberapa tips dari kitaberbagi dalam membina rumah tangga yang harmonis.

Baca Juga: Perubahan Besar dan Aneh Pria Dalam Hidupnya Setelah Menikah

1. Saling pengertian

Dalam Keluarga yang harmonis dibutuhkan rasa saling mengerti, memahami, menghargai, & menghormati satu sama lain. Apabila hubungan saling memahami ini satu sama lain berjalan terus menerus maka hubungan bakalan langgeng. hanya kesabaran yang mampu mempertahankan hubungan tersebut.

2. Saling membutuhkan

Seorang Suami ataupun istri merupakan suatu kehidupan yang terus membutuhkan dengan kata lain simbiosis mutualisme, mereka membutuhkan satu sama lain dalam ikatan suci baik kebutuhan lahiriah maupun kebutuhan batiniyah. keduanya harus berbagi suka-duka, kesedihan, kegembiraan.

3. Saling menghormati

Suami dan istri harus saling menghormati, apabila suami berbicara maka istri menjadi pendengar yang baik begitupun sebaliknya dan tidak ada kata berat sebelah sehingga semua perbedaan akan saling terasa senang dan sejuk dirasakan dalam berkeluarga.

4. Rasa Senang Selalu

Dalam Kehidupan ini, pasti tidak ada yang menginginkan kesusahan terus menerus. untuk itu dalam berkeluarga baik suami ataupun istri selalu menunjukkan perasaan senangnya.

5. Bersama-sama mengatasi masalah

Pernikahan merupakan bentuk relasi partnership dan partisipasi. Partnership yang berdiri di atas landasan kesamaan tujuan, cita-cita, sikap, intuisi dan perasaan, serta kolaborasi dan solidaritas dalam memecahkan setiap persoalan. Setiap masalah yang timbul dalam kehidupan suami-istri, maka masalah itu dilihat sebagai suatu kecemasan kolektif.

Paradigma demikian memicu suami agar berusaha bekerja keras dalam rangka memberikan kehidupan mulia bagi istri dan anak-anaknya. Pun demikian, istri akan berusaha menjalankan urusan rumah tangga sesuai prosedur yang disepakati bersama. Upaya yang dilakukan oleh suami dan istri tersebut merupakan solusi untuk memecahkan masalah bersama.

baik suami maupun istri tidak perlu menyembunyikan masalah-masalahnya, harus jujur demi menumbuhkan benih-benih kepercayaan dan saling pengertian, sehingga mudah menemukan solusi. Bisa jadi, permasalahan memiliki dampak positif untuk meneguhkan ikatan suami-istri.

6. Saling memiliki toleransi

Sungguh  sangat tidak logis jika setiap pihak mengharapkan perilaku ideal permanen dari pasangannya dalam hubungan rumah tangga, karena menurut tabiatnya, manusia kadang salah dan benar. Suami atau istri kadang lupa atau khilaf dalam tindakannya, sehingga kerap mengulangi kesalahan serta kekeliruannya. Dia mungkin melakukan kesalahan karena ketidaktahuan, dan mengulanginya tanpa disadarinya.

Setiap Kesalahan itu tidak perlu diikuti dengan tekanan-tekanan yang membuat masalah makin rumit saja. Yakinlah bahwa seseorang tidak akan kehabisan cara yang sesuai untuk mengoreksi kesalahan dan penyimpangan pasangannya. Jalan terbaik dalam hal ini adalah nasihat yang tenang dan membuat pasangannya merasa bahwa hal itu adalah untuk kebaikan diri dan keluarganya.

7. Kejujuran

Jujur adalah sikap yang paling mulia, percaya setiap anda bohong sekali saja maka pasangan anda akan kurang mempercayai anda sepuluh kali dibanding anda jujur 2 kali, untuk sangat tidak logis jika anda sering-sering berbohong kepada pasangan anda bahkan apalagi anda membohongi masalah kekeluargaan anda.

Cukup sekian tips keluarga yang harmonis kali ini. silahkan share kepada Teman-Teman anda betapa pentingnya keluarga yang harmonis dan memiliki keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. apabila ada yang ingin ditanyakan seilahkan berkomentar di bawah.
Tags :

2 Comments for Tips Membangun Rumah Tangga Harmonis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Tips Membangun Rumah Tangga Harmonis

Candy, Wanita yang Telah Menginjak Usia Kepala 5 Masih Tetap Seksi

Candy, Wanita yang Telah Menginjak Usia Kepala 5 Masih Tetap Seksi

Posted at April 21, 2016

Wanita seksi pastilah idaman semua pria. Meski lambat laun semua orang pasti menua, namun, bagi beberapa orang yang terlahir beruntung, wajah mereka faktanya tetap terlihat... Read More

Persiapan Sebelum Pernikahan

Persiapan Sebelum Pernikahan

Posted at May 17, 2015

Assalamu alaikum sahabat kitaberbagi.info bagaimana kabar kalian hari ini? Admin kita berbagi info mau nge-share tips dan manfaat sebuah pernikahan buat muslimah yang tengah... Read More

Makanan Penambah darah Daun Singkong Yang Sehat

Makanan Penambah darah Daun Singkong Yang Sehat

Posted at April 30, 2015

Mau tahu Makanan Penambah darah yang baik untuk kesehatan. kini kita akan membahasnya makanan tersebut yaitu Daun Singkong Yang Sehat. sangat banyak sekali makanan... Read More

Kosmetik Online Shop Berrybenka Makin Cantik

Kosmetik Online Shop Berrybenka Makin Cantik

Posted at April 24, 2015

Mau cari Kosmetik Online Shop. sekarang saya lagi mendapatkan informasi tentang kosmetik-kosmetik cantik dan menarik. yang pastinya kualitasnya sangat bagus. kini saya merekomendasikan berrybenka.com... Read More

Terbaru – Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lumpur Sawah berbahaya?

Terbaru – Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lumpur Sawah berbahaya?

Posted at April 24, 2015

Berita terbaru nih sahabat kitaberbagi, baru-baru ini ada seorang teman kitaberbagi bertanya kepada saya. Apakah Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lumpur Sawah bisa digunakan?. memang banyak yang... Read More