Unsur Unsur Yang Ada Pada Film

0 41

Unsur Unsur Yang Ada Pada Film

Unsur Unsur Yang Ada Pada Film – adalah hasil karya bersama atau hasil kerja kolektif. Dengan kata lain, proses pembuatan film pasti melibatkan kerja sejumlah elemen atau pekerjaan.

Elemen yang dominan di dalam pembuatan film antara lain: produser, sutradara, penulis skenario, penata kamera (kameramen), penata artistik, penata musik, editor, pengisi dan penata suara, aktor – aktris (bintang film).

Unsur Unsur Film

1. Produser

Faktor paling utama dalam suatu regu kerja produksi atau pembuatan film ialah produser. Sebab produserlah yang menyandang atau mempersiapkan dana yang dipergunakan untuk pembiayaan produksi film.

Produser adalah pihak yang bertanggungjawab kepada beragam hal yang dibutuhkan dalam pembuatan film.

Selain dana, inspirasi baru atau gagasan, produser juga seharusnya menyediakan naskah yang akan difilmkan, serta sejumlah hal lainnya yang dibutuhkan dalam ber jalan nya produksi film.

Baca Juga : Jangan Naik Gunung Sebelum Membaca Ini !.

2. Sutradara

Sutradara adalah pihak atau orang yang paling bertanggungjawab kepada pembuatan film di luar hal-hal yang berhubungan dengan dana belanja peralatan atau dan sewa properti lainnya.

Sebab itu umumnya sutradara menempati posisi sebagai “orang penting kedua” di dalam suatu regu kerja produksi film.

Di pembuatan film, sutradara bertugas memberi bimbingan memberi nasehat memberi tuntunan memberi arahan semua alur dan proses pemindahan suatu cerita atau naskah skenario ke dalam kegiatan produksi.

3. Penulis Skenario

Skenario merupakan naskah cerita film yang ditulis dengan berpegang pada standar atau peraturan tertentu.

Skenario atau naskah cerita film itu ditulis dengan tekanan yang lebih mengutamakan visualisasi perjalanan dari sebuah keadaan atau momen lewat adegan demi adegan yang terang pengungkapannya.

Jadi, penulis skenario film merupakan seseorang yang menulis naskah cerita yang akan difilmkan.

Naskah skenario yang ditulis penulis skenario itulah yang kemudian digarap atau dibuat sutradara menjadi sebuah karya film.

4. Penata Kamera (Kameramen)

Penata kamera atau popular juga dengan sebutan kameramen ialah seseorang yang bertanggungjawab dalam perekaman (pengambilan) gambar di dalam kerja pembuatan film.

Sebab itu, seorang penata kamera atau kameramen dituntut untuk sanggup menghadirkan cerita yang menarik, memikat dan meraba emosional penonton lewat gambar demi gambar yang direkamnya di dalam kamera.

Di dalam regu kerja produksi film, penata kemera memimpin departemen kamera.

5. Penata Artistik

Penata artistik (art director) ialah seseorang yang bertugas untuk menonjolkan cita rasa artistik pada sebuah film yang diproduksi.

Sebelum suatu cerita divisualisasikan ke dalam film, penata artistik sesudah khususnya terlebih dahulu mendapatkan penjelasan dari sutradara untuk membuat ilustrasi kasar adegan demi adegan di dalam sketsa, baik secara hitam putih ataupun berwarna.

Tugas seorang penata artistik di antaranya menyediakan sejumlah sarana seperti lingkungan kejadian, tata rias, tata baju, kelengkapan peralatan yang akan di beli untuk  pelaku (pemeran) film,kendaraan dan lain lain.

Baca Juga : Film Keren ini Hanya Di Buat Dengan Smartphone.

6. Penata Musik

Penata musik ialah seseorang yang bertugas atau bertanggungjawab sepenuhnya kepada pengisian bunyi musik itu.

Seorang penata musik dituntut tak cuma sekedar merajai musik, tapi juga seharusnya mesti mempunyai kesanggupan atau sensitifitas dalam mencerna cerita atau pesan yang diberi tahu oleh film.

7. Editor

Bagus atau tidaknya sebuah film yang diproduksi hasilnya akan ditetapkan pula oleh seorang editor yang bertugas mengedit gambar demi gambar dalam film itu.

Jadi, editor ialah seseorang yang bertugas atau bertanggungjawab dalam proses pengeditan gambar.

8. Pengisi dan Penata Suara

Pengisi suara ialah seseorang yang bertugas mengisi sara pemeran atau pemain film. Jadi, tak seluruh pemeran film memakai suaranya sendiri dalam berbicara di film.

Penata suara adalah seseorang atau pihak yang bertanggungjawab dalam mempertimbangkan bagus atau tidaknya hasil suara yang terekam dalam sebuah film.

Di dalam regu kerja produksi film, penata bunyi bertanggungjawab memimpin departemen suara serta penyewaan studo rekaman suara.

9. Bintang / Pemeran Film

Bintang film atau pemeran film dan umum juga disebut aktor dan aktris merupakan mereka yang memerankan atau membintangi sebuah film yang diproduksi dengan memerankan tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita film itu sesuai skenario yang ada.

Keberhasilan sebuah film tak dapat lepas dari keberhasilan para artis film aktor dan aktris dalam memerankan tokoh-tokoh yang diperankan sesuai dengan tuntutan skenario (cerita film), khususnya dalam menonjolkan watak dan karakter tokoh-tokohnya.

dalam sebuah film terbagi atas dua, adalah pemeran utama (tokoh utama) dan pemeran asisten (piguran).

Baca Juga : Wajib Tahu ! Revolusi Industri Dari 1.0 Sampai 4.0.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.