Tips Mengemudi Aman Saat Menempuh Perjalanan Jauh

0 438

tips mengemudi mobil

Tips Mengemudi Aman Saat Menempuh Perjalanan Jauh – Mencapai perjalanan jauh seringkali perlu dikerjakan untuk beragam kebutuhan mulai dari pulang kampung sampai menyelesaikan urusan bisnis ke luar kota.

Kurangnya sarana transportasi jarak jauh, khususnya terpenting ke kota-kota kecil di pelosok Indonesia, membuat Anda seringkali seharusnya rela berkendara selama berjam-jam malahan berhari-hari untuk sampai di daerah tujuan.

Tips Mengemudi Aman Saat Menempuh Perjalanan Jauh

Perjalanan jauh tentu mempunyai risiko yang lebih besar bagus bagi keselamatan diri ataupun bagi situasi kendaraan yang Anda pakai. Kecuali unsur lalu lintas, tindak kriminal serta kerusakan mendadak menjadi sebagian info yang tak dapat Anda sepelekan.jika anda tidak sanggup membawa mobil sendiri.anda bisa menggunakan jasa sewa mobil beserta supirnya.

Baca Juga : Bali Luxury Tour Package.

Bagi Anda yang hendak melaksanakan perjalanan jauh memakai kendaraan beroda empat, ada sebagian kiat aman ketika mencapai perjalanan jauh yang dapat Anda praktikkan:

Jangan Memaksakan Diri

Hal pertama yang perlu diamati ketikahendak berkendara jauh ialah soal kesiapan Anda secara jasmani dan mental. Walaupun Anda terbiasa berkendara dengan kendaraan beroda empat tiap hari, Anda seharusnya ingat bahwa perjalanan jauh membutuhkan fokus dan tenaga.

Jangan mengawali perjalanan sebelum Anda yakin bahwa tubuh Anda berada dalam keadaan prima. Jangan paksakan diri untuk terus mengemudi ketika telah merasa agak lelah.

Beristirahatlah sebentar di rest zona, kafe,Hotel, atau POM bensin. Sempatkan juga untuk tidur minimal selama 3 jam jika sekiranya daerah yang Anda tuju berjarak lebih dari 12 jam perjalanan.

Amati Rambu-Rambu Jalan

Rambu-rambu diciptakan dan legal untuk memberi peringatan terhadap Anda selaku pengemudi. Keadaan jalan di Indonesia yang seringkali terjal, berkelok, dan sempit membikin Anda seharusnya patut waspada ketika berada di zona-zona rawan kecelakaan.

Patuhilah tiap rambu-rambu yang Anda lihat sepanjang jalan. Khususnya rambu yang mengontrol kecepatan kendaraan serta peringatan akan jalur yang curam dan berkelok. Dengan melihat rambu-rambu yang ada, secara otomatis Anda akan lebih waspada ketika berkendara.

Bawa Bahan Bakar Cadangan

Membawa bahan bakar cadangan merupakan sebuah langkah cerdas untuk menyelesaikan bermacam hal darurat yang terjadi di jalan, karena jumlah POM bensin yang tersebar di jalan-jalan provinsi umumnya tak sebanyak yang ada di kota, khususnya kalau Anda hendak mencapai jalanan yang cenderung sepi.

Tidak cuma itu, dalam sebagian kasus, kendaraan juga bisa kehabisan bahan bakar berimbas kemacetan yang terlalu lama. Untuk itu, bawalah bahan bakar cadangan tiap kali Anda hendak mencapai perjalanan jauh.

Baca Juga :Tips Belanja Online Dengan Aman.

Tak Berkendara Sendirian

Berkendara sendirian mempunyai risiko yang jauh lebih besar ketimbang berkendara bersama orang lain, khususnya kalau perjalanan yang Anda tempuh melalui tempat-tempat rawan kriminal.

Selain memberikan rasa aman, berkendara bersama orang lain juga akan menjaga tingkat fokus Anda berada di spot tertinggi.

Jika orang yang pergi bersama dapat mengemudi, Anda bisa berkendara secara bergantian untuk menghindari risiko kelelahan di jalan.

Pahami Rute yang Anda Tuju

Kalau Anda hendak berkendara ke daerah jauh yang belum pernah didatangi, Anda seharusnya mempelajari rute yang hendak dituju dengan saksama.

Kecuali supaya Anda tak tersasar, hal ini juga bisa menghemat waktu tempuh perjalanan.

Jika memungkinkan, ajaklah seorang kerabat atau sahabat yang pernah datang ke daerah hal yang demikian. Metode ini tentu jauh lebih bagus dan aman.dan beli lah beberapa gadget hp untuk membantu anda untuk lebih mudah membaca map di smartphone anda.

Baca Juga : Weddding Invitation Bandung Terpopuler.

Last Updated on 2022-06-08 by Arsul Sayfar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Lewat ke baris perkakas