HOME
Home » General » 7 Hal Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Liburan

7 Hal Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Liburan

Posted at December 4th, 2019 | Categorised in General

7 Hal Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Liburan

7 Hal Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Liburan – Mudik atau pulang kampung identik dengan libur panjang.Mudik biasanya dilakukan menggunakan transportasi umum pribadi atau menyewa kendaraan seperti sewa mobil.

Mudik juga telah menjadi budaya kebiasaan yang terus dikerjakan secara turun temurun tiap tahunnya. Ketika pulang ke kampung halaman, tentu saja seseorang akan meninggalkan rumahnya di kota hingga dia kembali lagi.

Hal Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Liburan

Sayangnya, peristiwa mudik lebaran ini justru sering kali dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk menjalankan pencurian di rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh para pemudik.

Lalu bagaimana cara meninggalkan rumah dengan bijaksana ketika berwisata atau mudik lebaran?

Baca Juga : 10 Barang Yang Wajib di Bawa Saat Liburan ke Pantai.

1. Biarkan Sandal dan Sepatu di Depan Rumah

Untuk mengecoh pencuri yang hendak membobol rumah kosong yang ditinggalkan mudik lebaran atau libur panjang, sebaiknya letakkan sandal dan sepatu konsisten berada di halaman rumah.

Selain hal yang demikian bertujuan supaya si pencuri menyangka bahwa ada orang di dalam rumah sehingga membuatnya ragu untuk menjalankan aksi kejahatannya.

2. Biarkan Lampu Menyala

Meninggalkan rumah ketika mudik lebaran atau libur panjang bukan berarti memperbolehkan rumah dalam situasi gelap gulita.

Anda dapat menyalakan lampu selasar dan halaman rumah sebelum meninggalkan rumah untuk mudik lebaran atau libur panjang dalam sebagian hari.

Lampu selasar dan halaman rumah yang dinyalakan juga bisa mempermudah tetangga dan pihak keamanan lebih gampang mengawasi rumah Anda di malam hari.

jika ada beberapa lampu yang mati,anda bisa menggantinya dengan membeli di toko offline atau toko online.

3. Amankan Barang Berharga

Kalau Anda mempunyai benda yang cukup berharga seperti surat-surat tanah, koleksi emas atau perhiasan, serta uang tunai di dalam rumah, pastikan seluruh benda itu tersimpan dalam tempat paling aman.

Kalau Sekiranya perlu, miliki lah brankas yang dipasang kode pengaman supaya seluruh benda berharga punya daerah yang aman. Sembunyikan di tempat yang baik, di daerah yang tak akan diduga oleh orang lain.

Baca Juga : Tips Mengemudi Aman Saat Menempuh Perjalanan Jauh.

4. Cabut Seluruh Aliran Listrik dan Tabung Gas

Kiat ini cukup penting sebab hal ini barangkali bukan memicu adanya pencuri tapi berbahaya untuk keamanan rumah Anda. Telah terjadi kebakaran imbas arus pendek dan meledaknya tabung gas secara tak sengaja.

Lebih bagus mencegah, bukan? Lagipula, mencabut listrik bisa menghemat pengeluaran listrik selama Anda tak di rumah.

5. Pastikan Segala Pintu dan Jendela Terkunci

Ini ialah hal paling penting yang seharusnya diamati jika hendak bepergian. Bukan cuma pintu-pintu yang patut dikunci, kadang jendela lupa untuk ditutup.

Sebagian orang berdalih supaya udara di dalam rumah bisa masuk. Hati-hati! Sekecil apa pun celah jendela yang Anda buka, itu bisa memancing pencuri masuk ke dalam.

Pastikan seluruh pintu dan jendela sudah terkunci, dan gembok pagar jika perlu.

6. Beritahu Tetangga, RT dan RW

Kalau tetangga Anda tak pergi mudik, beritahu soal kepergian Anda. Selain untuk mempererat silaturahmi, tetangga yakni orang terdekat yang bisa Anda percaya untuk menjaga rumah.

Selain itu, untuk lebih menjaga keamanan rumah, Anda juga perlu melapor terhadap RT dan RW setempat apabila ingin melaksanakan mudik atau berkeinginan meninggalkan rumah dalam rentang waktu yang cukup lama.

Selain itu agar pemimpin lingkungan Anda bisa menjaga rumah dan memberitahukan kondisi yang berkembang selama ditinggal mudik.

Kecuali RT dan RW setempat, koordinasi dengan penjaga keamanan atau satpam di lingkungan Anda pun perlu dilakukan.Itu akan membuat mereka lebih ketat dalam memberikan penjagaan dan pengawasan.

7. Jangan Update Status atau Foto di Media Sosial

Mengunggah foto-foto tamasya atau mudik Anda di Facebook, Twitter, Path, dan Instagram pastilah benar-benar menarik hati.

Namun, Anda dianjurkan untuk melakukannya sesudah sampai di rumah. ini berguna untuk meminimalisasi kemungkinan pencuri memantau media sosial untuk mencari tahu di mana Anda berada.

Baca Juga : Tips Belanja Online Dengan Aman.

Tags :

No comment for 7 Hal Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to 7 Hal Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Liburan

Foto rental bus

Inilah Cara Ampuh Pemasaran Rental Bus Wisata

Posted at December 7, 2019

Inilah Cara Ampuh Pemasaran Rental Bus Wisata – Jual beli sudah mengalami perkembangan. Dunia digita menjadi salah satu sarana yang bisa mengakomodir kegiatan jual... Read More

Unsur Unsur Yang Ada Pada Film

Unsur Unsur Yang Ada Pada Film

Posted at December 7, 2019

Unsur Unsur Yang Ada Pada Film – adalah hasil karya bersama atau hasil kerja kolektif. Dengan kata lain, proses pembuatan film pasti melibatkan kerja... Read More

Jangan Naik Gunung Sebelum Membaca Ini !

Jangan Naik Gunung Sebelum Membaca Ini !

Posted at December 7, 2019

Jangan Naik Gunung Sebelum Membaca Ini – Akhir-akhir ini, aktivitas mendaki menjadi hobi banyak orang. Dari mulai si kecil sampai dewasa menyenangi olahraga yang... Read More

Mobil Saat Hujan

Baca ini Sebelum Membawa Mobil Saat Hujan

Posted at December 7, 2019

Baca ini Sebelum Membawa Mobil Saat Hujan – Musim hujan datang lagi. Semenjak beberapa hari lalu bermacam kawasan di Indonesia terus diguyur hujan lebat... Read More

Film Keren ini Hanya Di Buat Dengan Smartphone

Film Keren ini Hanya Di Buat Dengan Smartphone

Posted at December 7, 2019

Film Keren ini Hanya Di Buat Dengan Smartphone – Mengembangkan kecanggihan teknologi, sebagian film ini memanfaatkan kamera ponsel untuk merekam adegan.Dalam pembuatan film layar... Read More