Kunjungi Tempat Wisata Alam di Jogja Bareng Punokawan Trans


Tempat Wisata Alam di Jogja - Yogyakarta menjadi tempat yang istimewa dan Menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata dan liburan.
Daya tarik daerah istimewa ini bukan hanya pada budayanya, tapi juga pemandangan dan alamnya yang luar biasa.
Beberapa wisata Yogya sudah terkenal seantero jagad. Misalnya seperti Gunung Merapi, Omah Kayu, Borobudur, dan sebagainya.
Tapi Jangan salah dulu, masih banyak wisata lain yang kalah menarik.
Pasti Anda langsung sepakat bila kota Jogja akan selalu di hati.
Pernyataan tersebut memang ditujukan oleh semua orang yang tinggal, berasal ataupun yang pernah mengunjungi kota Jogja.
Sebab, ada banyak hal yang tak bisa terlupakan begitu saja saat berada di kota salah satu kota yang ada di Pulau Jawa ini.
Alasannya bukan karena sebagai kota yang fenomenal saja.
Jogja juga merupakan kota yang mempunyai kisah sejarah, adat istiadat, tempat wisata alam, tempat wisata kuliner hingga tempat wisata berbelanja yang semuanya dirasa tak boleh terlupa untuk disinggahi walau hanya sebentar saja.
Untuk melihat daftar tempat lainnya anda bisa mengunjungi tempat - tempat wisata alam di jogja berikut ini yang kami rangkum.
Dan jika Anda membutuhkan jasa pemandu atau jasa traveling, maka Anda bisa memanfaatkan CV. Punokawan Trans Sebagai pemandu Anda agar dapat bersosialisasi dengan masyarakan lokal dan alam.

Tempat Wisata Alam di Jogja

Tempat Wisata Alam di Jogja

Berikut ini adalah daftar tempat - tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Jogja jika Anda ingin berwisata, berlibur, atau ingin menikmati suasana di Jogja bersama keluarga, teman ataupun Sendirian:

1. Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

Tentu saja yang menjadi urutan pertama adalah Candi Perambanan, karena setiap harinya candi ini dijadikan sebagai tempat kunjungan wajib saat ada di Kota Jogja.
Candi ini bukan hanya terkenal karena bangunan dan pemadangannya saja, tetapi menjadi semakin terkenal semenjak UNESCO menjadikannya sebagai salah satu warisan budaya dunia.
Jika Anda inign ke Jogja dan memesan Jasa travel di Jogja, maka tempat inilah yang pertama kali Anda kunjung.

2. Pantai Sinden

Jogja mungkin bukan kota pertama yang akan kamu sebut saat membicarakan wisata pantai Indonesia. Padahal, Kota Gudeg ini menyimpan banyak pantai tersembunyi dengan pemandangan yang eksotis.
Salah satunya adalah Pantai Sinden di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Untuk mengunjunginya, kamu harus membayar sebesar Rp6.000 sebagai tiket masuk.
Pantai Sinden memiliki lanskap yang cukup unik karena berbatasan langsung dengan tebing-tebing tinggi.
Di seberang pantai, terdapat juga sebuah pulau karang bernama Pulau Kalong yang ditumbuhi tanaman liar. 
Jika tertarik, kamu bisa menyeberang ke sana melalui jembatan gantung.
Nantinya, kamu perlu mengeluarkan biaya Rp25.000 untuk menggunakan jembatan gantung ini.

3. Pantai Parangtritis

Salah satu pantai yang paling populer di Yogyakarta adalah Parangtritis.
Pantai ini mempunyai ombak yang lumayan besar dengan pasir vulkanis berwarna hitam yang akan tampak berkilau ketika terkena sinar matahari.
Di sekelilingnya juga ada tebing batu yang tinggi. Akan tetapi di balik keindahan panorama alamnya, masyarakat sekitar percaya bahwa Parangtritis merupakan tempat keramat atau lokasi yang dianggap suci.
Hal ini disebabkan oleh satu cerita legenda yang menyebutkan bahwa Parangtritis adalah tempat  kediaman dari Penguasa Laut Selatan yang dikenal dengan Kanjeng Ratu Kidul.
Kanjeng Ratu memakai pakaian yang berwarna hijau, karenanya pengunjung yang datang ke pantai ini dilarang mengenakan pakaian hijau saat berada di area Pantai Parangtritis.
Suara deburan ombak, udara sejuk, dan pemandangan hijau perbukitan di sekitar pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Alamat Parangtritis adalah di Kecamatan Kretek, Bantul.

4. Malioboro

Salah satu jalan di Yogyakarta yang menjadi favorit untuk menghabiskan waktu atau liburan adalah Malioboro.
Sepanjang Jalan Malioboro kita bisa melihat banyak penjual barang-barang kerajinan khas Yogyakarta yang unik. Selain itu banyak tempat makan enak yang bisa kita temui sepanjang jalan ini.
Mulai dari angkringan, restoran, sampai warung makan sederhana dengan berbagai variasi makanan yang tentunya enak dan bersahabat di kantong.
Segala jenis aksesoris yang cantik, souvenir indah mulai harga yang murah sampai jutaan, semua bisa kita temukan.
Pokoknya di Jalan Malioboro selain dapat memuaskan mata melihat aneka benda dan kerajinan juga bisa membuat para penyuka wisata belanja puas dan pasti ingin kembali kemari.

5. Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Jogja memang begitu kental dengan kebudayaan dan keseniannya, sebagai tempat untuk meletakkan itu semua telah dibangun Museum Sonobudoyo bagi masyarakat yang ingin mengetahui sejarah, kebudayaan dan kesenian yang ada di Yogyakarta.

6.  Keraton Yogyakarta

Jogjakarta atau Yogyakarta memiliki masa kesultanan yang masih diaktifkan sebagai Gubernur hingga saat ini.
Sultan Yogyakarta beserta keluarganya masih tinggal di Keraton yang juga dibuka menjadi tempat wisata karena memang memiliki gaya bangunan yang khas.

7. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang berada di kawasan Gunungkidul, tepatnya di daerah Nglanggeran, Patuk, terdapat sebuah air terjun yang dikelilingi oleh hamparan sawah.
Masyarakat Jogja mengenalnya dengan nama Air Terjun Kedung Kandang.
Air terjun ini cukup menarik karena memiliki enam tingkat yang langsung mengalir ke area persawahan.
Untuk bisa sampai di Air Terjun Kedung Kandang, kamu harus melakukan trekking terlebih dulu.
Meski begitu, di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan berbagai pemandangan serba hijau, seperti perbukitan, sungai, persawahan, hingga pegunungan.
Semua rasa lelahmu tentu akan segera hilang begitu merasakan kesegaran di Air Terjun Kedung Kandang.

8. Batu Miring

Di Jogja, kamu juga bisa berburu sunrise, lho! Salah satu spot terbaik untuk menyaksikan panorama matahari terbit adalah di Batu Miring daerah Gunung Kukusan, Dusun Wonokerto, Ngargoretno, Kulonprogo.
Tidak ada transportasi umum yang beroperasi ke sini, sehingga kamu harus menggunakan kendaraan pribadi saat ingin berkunjung ke Batu Miring.
Begitu sampai di lokasi parkir, kamu harus berjalan kaki sejauh 200 meter hingga mencapai kaki Gunung Kukusan.
Nah, ada dua jalur yang bisa kamu tempuh untuk mencapai puncak yang berbeda.
Jalur kiri mengarah ke Puncak Dempok, sedangkan jalur kanan akan membawamu ke Puncak Kendeng yang merupakan puncak tertinggi.
Dari dua puncak inilah kamu bisa menikmati pemandangan senja dengan berbeda.

9. Kotagede

Tempat wisata di Jogja selanjutnya adalah Kotagede, salah satu kawasan wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika menghabiskan liburan di Kota Pelajar.
Dahulu, Kotagede adalah tempat Panembahan Senopati yaitu pendiri Kerajaan Mataram baru mendirikan kerajaannya atau istana yaitu tahun 1575.
Perlu diketahui bahwa Panembahan Senopati adalah salah satu keturunan Raja atau penguasa Mataram yang dahulu membangun Candi Prambanan dan Borobudur.
Kini Kotagede terkenal sebagai pusatnya industri perak Kota Gudeg.
Selain itu, apabila berwisata ke Kotagede, kita bisa juga mengunjungi suatu situs kuno tempat pemakaman anggota kerajaan.
Akan tetapi apabila ingin masuk atau berkunjung ke situs kuno tersebut, kita wajib memakai pakaian Jawa yang bisa disewa di bagian pendaftaran, ini karena makam Raja tersebut dianggap suci.

10. Gua Jomblang

Karena keindahan gua yang mempesona, Gua Jomblang juga dikenal dengan sebutan Cahaya Surgawi.
Jika kita masuk ke dasar gua, akan kita jumpai lorong alami yang menghubungkan Gua Jomblang dengan Gua Grubug.
Stalagmit dan stalaktit yang ada di sini memiliki daya tarik yang membuat banyak orang datang untuk mengunjungi obyek wisata ini.
Stalagmit yang berwarna hijau agak kecokelatan apabila terkena sinar matahari yang menembus gua, akan kelihatan sangat cantik.
Gua Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul.

11. Puncak Becici

Jika ingin menikmati keindahan Kota Jogja dari ketinggian, maka Puncak Becici adalah destinasi yang harus kamu tuju.
Berada di daerah perbukitan, kawasan Puncak Becici dipenuhi oleh deretan pohon pinus yang menjulang.
Untuk sampai puncak, kamu hanya perlu berjalan kaki selama sekitar 15 menit di jalur setapak yang ada.
Kawasan ini juga dilengkapi beberapa gazebo yang bisa kamu gunakan sebagai tempat beristirahat.
Di puncak, terdapat area gardu pandang menyerupai rumah pohon terbuka yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan alam sekitar.
Saat cuaca cerah, kamu bahkan bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Sindoro dari kejauhan.
Jika tertarik berlibur ke Puncak Becici, kamu bisa datang ke Gunung Cilik RT 07 RW 02, Muntuk, Dlingo. Jangan lupa siapkan uang Rp2.000 untuk tiket masuk, ya!

12. Kalibiru Kulon Progo Jogja

Walaupun banyak yang mengatakan bahwa Kalibiru sudah sangat mainstream, tetapi terhitung sampai sekarang pengunjungnya semakin banyak karena tempat ini memiliki pemandangan yang begitu memikat, yaitu telaga jernih kehijauan yang dikelilingi oleh hutan pinus. Baca Lebih Lanjut: Cara Renovasi Rumah dan Tour Travel Mantap.


Jika Anda Ingin Curhat Atau Punya Tulisan Yang Menarik Untuk Di Publish Di Website Ini, Silahkan Kirim Ke boys.madil@gmail.com

0 Response to "Kunjungi Tempat Wisata Alam di Jogja Bareng Punokawan Trans"

Posting Komentar