Di 2016 Gerhana Matahari Akan Terjadi 2 Kali dan Melintasi Wilayah Indonesia


Ada 12 propinsi di Indonesia yg akan dilintasi jalur GMT (Gerhana Matahari Total) 9 Maret 2016 (Besok), beberapa propinsi itu yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, serta Bangka Belitung. Diluar itu, semuanya propinsi di Kalimantan (terkecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, serta Maluku Utara juga dilintasi. untuk lebih detilnya lihatlah gambar tersebut.... 

Di 2016 Gerhana Matahari Akan Terjadi 2 Kali dan Melintasi Wilayah Indonesia
Img By: Infoastronomy.org

GMT bakal berjalan sepanjang 1 hingga 3 menit pada tanggal 9 Maret 2016. Fenomena ini bisa disaksikan dengan cara utuh di Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso serta Halmahera. serta ada juga sebagian kota yg dapat juga melihat momen ini. Tetapi cuma gerhana matahari beberapa saja yg bisa tampak (tidak mencapai 100% atau bukan gerhana matahari total). Sebagian kota itu yaitu Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado serta Ambon

Untuk beberapa daerah yg dilintasi dari 12 propinsi diatas yaitu, Palembang (dengan durasi gerhana 1 menit 52 detik), Belitung (2 menit 10 detik), Balikpapan (1 menit 9 detik), Luwuk (2 menit 50 detik), Sampit (2 menit 8 detik), Palu (2 menit 4 detik), Ternate (2 menit 39 detik), Bangka (2 menit 8 detik), Palangkaraya (2 menit 29 detik), Poso (2 menit 40 detik), dan Halmahera (1 menit 36 detik). 

Kapan Gerhana Setelah itu??? 

Sesudah gerhana Matahari keseluruhan 9 Maret 2016 berlalu, kita tak perlu menanti saat lama untuk kembali lihat gerhana Matahari. Pada 1 September 2016, Gerhana Matahari Beberapa bakal tampak di Indonesia. Sesungguhnya ini yaitu momen Gerhana Matahari Cincin, tetapi Indonesia cuma kebagian Gerhana Matahari Beberapa. jalur lintasan yg bisa lihat Gerhana Matahari Cincin cuma melewati Gabon, Madagaskar serta sebagian negara di Afrika Selatan. Momen Gerhana Matahari Cincin ini cuma menyerempet lokasi Indonesia. Kita cuma dapat lihat beberapa kecil gerhana, itupun waktu senja saat Matahari siap tenggelam, serta cuma tampak di Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah serta Yogyakarta.


Kemudian Indonesia mesti menanti sampai th. 2019 untuk kembali lihat momen Gerhana Matahari. serta kesempatan ini Gerhana Matahari Cincin. Gerhana Matahari Cincin ini bakal berlangsung pada tanggal 26 Desember 2019. Wilayah-wilayah Indonesia yg dapat mencermatinya yaitu Pulau Nias, Padang Sidempuan, Pekanbaru, Tebingtinggi, Bangkalis, Batam, Tanjung Pinang, Singkawang, serta banyak wilayah di Kalimantan Utara. (yg yang lain janganlah iri, lantaran masihlah dapat lihat Gerhana Matahari Beberapa). Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 ini bakal berlangsung saat pagi sampai siang hari. Diawali pada gigitan pertama Bln. pada Matahari jam 09 : 29 WIB, lantas puncak gerhana cincin jam 12 : 12 WIB, serta gerhana selesai jam 15 : 05 WIB 


Kapan Gerhana Keseluruhan Setelah itu? 

Jawabannya yaitu pada 20 April 2023 Serta sayangnya, tetaplah tak melewati pulau terpadat masyarakat di Indonesia ; Jawa. Pulau Jawa cuma memperoleh gerhana beberapa. 

Gerhana Matahari 20 April 2023 juga tak dimaksud keseluruhan, tetapi Gerhana Hibrida. Apakah itu gerhana hibrida? Gerhana Matahari hibrid atau hibrida didefinisikan sebagai gerhana Matahari cincin serta keseluruhan yg berlangsung pada satu saat fenomena gerhana dengan cara berurutan. Fenomena ini lain dari umumnya, dimana dalam satu fenomena gerhana, cuma ada satu jenis Gerhana Matahari. 

Bagaimana sebenarnya gerhana Matahari hibrida dapat berlangsung? Pada prinsipnya, gerhana Matahari hibrida dapat berlangsung lantaran jarak pada Bln. serta Bumi yg beragam pada tiap-tiap titik lokasi Bumi. Sebab, ketidaksamaan jarak yaitu lantaran bentuk Bumi yg bulat dan orbit Bln. yg berupa elips, bukanlah lingkaran prima. Gerhana Matahari hibrida umumnya diawali dengan fenomena gerhana Matahari cincin, diikuti dengan gerhana keseluruhan serta kembali gerhana cincin. 

Lokasi Indonesia yg dapat melihat gerhana Matahari hibrida 20 April 2023 diantaranya Nusa Tenggara Timur, Papua Barat serta Biak. (yg yang lain cuma GMS saja).

Gerhana matahari total (di Indonesia) terakhir tahun 1983, habis ini baru terjadi lagi 33 tahun lagi alias besok 9 maret 2016, Kalau kita masih hidup 33 tahun lagi baru bisa lihat gerhana matahari total ini lagi...ingat!!! 33 tahun lagi..... jadi, buat para jomblo, bersegeralah menikah agar panjang umur.



Jika Anda Ingin Curhat Atau Punya Tulisan Yang Menarik Untuk Di Publish Di Website Ini, Silahkan Kirim Ke boys.madil@gmail.com

0 Response to "Di 2016 Gerhana Matahari Akan Terjadi 2 Kali dan Melintasi Wilayah Indonesia"

Posting Komentar