Inilah Akibatnya Jika Kamu Sering Menahan Bersin


Kitaberbagi.info - health. Sekarang kita akan menjelaskan artikel tentang "Inilah Akibatnya Jika Kamu Sering Menahan Bersin". tahukah anda bahwa menahan bersin berbahaya?.

Bersin Merupakan suatu hal yang wajar dan keluar dari tubuh manusia. sebenarnya melindungi tubuh Anda karena mampu membersihkan hidung dari bakteri dan virus. Aktivitas bersin ini adalah bagian penting dari proses kekebalan tubuh dan menjaga tubuh agar tetap aman dan sehat. Namun dalam suatu kondisi kita sering menahan bersin baik dengan menekan hidung sehingga keinginan bersin menjadi hilang. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan mimisan hingga vertigo.

Jika keinginan bersin terjadi saat sedang terlibat perbincangan serius, pertemuan penting atau berada di ruang yang sepi, orang lebih suka untuk menahannya. alasannya sih karena ingin menahan malu. padahal hal itu justru akan membuat kerusakan pada tubuh.

Inilah Akibatnya Jika Kamu Sering Menahan Bersin

Inilah Akibatnya Jika Kamu Sering Menahan Bersin

Secara ilmiah, bersin dimulai dari sistem saraf dan semua orang memiliki cara kerja sistem saraf yang sama. Namun sinyal perjalanan saraf tiap manusia berbeda-beda sehingga menghasilkan cerita bersin yang berbeda bagi tiap orang. Jadi ketika ada sesuatu yang mengganggu hidung, sebuah pesan akan dikirim ke bagian otak.

Yang Membuat Kita Sering Bersin

Ketika ada sesuatu yang mengganggu di dalam rongga hidung, maka Anda akan bersin. Ya, cara ini memang digunakan tubuh untuk mengeluarkan hal-hal yang mengganggu pada hidung. Berikut ini adalah faktor-faktor yang membuat Anda bersin.


1. Alergi

Alergi. Bersin karena alergi disebabkan oleh kutu, tungau, ketombe dan debu.

2. Pilek

Bersin merupakan tanda-tanda Anda terkena pilek. jadi selalu sedia yah agar tidak bertambah paraf pileknya.

3. Mencabut alis

Anda akan bersin ketika mencabut bulu alis karena bisa memicu saraf pada wajah kepada reaksi bersin. tapi jangan coba-coba untuk mencabut alis anda.

4. Berolahraga

Berolahraga juga bisa membuat bersin karena anda akan bernapas secara berlebihan yang menyebabkan hidung dan mulut akan mulai mengering. Hal itu membuat hidung lebih sensitif hingga anda bersin.

5. Menghirup lada atau merica

Saat menghirup lada atau merica, seketika kita akan bersin. Pernah berpikir mengapa ketika ibu anda membuat sambal atau tumisan selalu kita merasakan bersin-bersin, Hal itu terjadi karena dua alasan. pertama: ketika lada ditumbuk halus hingga menyerupai debu atau partikel kecil di udara sehingga memudahkannya merangsang sel-sel saraf di dalam hidung dan memicu bersin secara paksa. Kedua: lada mengandung senyawa piperin, senyawa kimia  ini yang menyebabkan iritasi rendah pada hidung ketika terkena dan menyebabkan Anda bersin.

6. Berhubungan intim

Saat menikmati hubungan intim bersama pasangan, orang biasanya bersin.

7. Terkena Paparan Sinar matahari

Satu dari tiga orang akan bersin ketika terpapar sinar matahari. Ada alasan tertentu penyebab hal ini yaitu prilaku turunan dan biasa disebut sebagai photics.

Bahaya Menahan Bersin dan Akibatnya

Kita mungkin sering menahan bersin ketika sedang berkumpul dengan temannya karena merasa tidak enak tau malah malu seperti yang dijelaskan di atas. Banyak orang tidak tahu efek menahan bersin, ketika kamu bersin lebih baik jangan menahannya karena menahan bersin dapat menimbulkan bahaya serta penyakit hidung. juga ada hal yang harus anda ketahui agar anda tidak boleh lagi menahan bersin.

1. Bahaya Menahan Kecepatan Bersin

Bersin sebenarnya memiliki kecepatan Full kurang lebih 161 km/jam. nah apabila anda menahan bersin berarti anda juga sama dengan menahan suatu zat dengan kecepatan 161 km/jam. Anda berisiko mengalami gangguan pendengaran atau vertigo karena tekanan udara yang masuk ke telinga bisa memecahkan gendang telinga atau cidera pada bagian dalam telinga dan itu bisa menyebabkan mimisan hingga menyebabkan anda tuli permanen.

2. Penyebab Emfisema

emfisema yaitu kondisi yang menyebabkan retina terlepas dan juga bisa membatasi pasokan udara yang masuk ke paru-paru kita. Pembuluh darah di bagian putih mata akan pecah. Hal itu bisa menyebabkan memar pada bagian putih mata di sekitar iris. Gejala ini ditandai dengan leher atau wajah yang bengkak serta terasa tidak nyaman pada bagian kepala. ini menyebabkan anda buta dan sesak nafas.

3. Membersihkan Racun dan Kuman dari dalah Tubuh

Tahukah anda bersin mampu mengeluarkan Ratusan bahkan Ribuan Bakteri dan virus dari dalam tubuh kita. faktanya bahwa Satu kali bersin, kita bisa menyebarkan 100 ribu kuman ke udara dengan kecepatan 160 km per jam. Hal ini bisa membuat hidung kita bersih. Untuk itu sebaiknya kita menutup mulut dengan sapu tangan sambil bersin agar virus dan bakteri yang kita keluarkan tidak menyebar ke orang lain. karena Kuman itu bisa menular ke orang lain.

Mungkin beberapa dari kita ada yang merasa tidak enak untuk bersin karena takut mengganggu orang-orang di sekitar atau karena kita tahu bersin bisa menyebarkan kuman. untuk itu hindari pemikiran seperti ini demi kesehatan anda. toh mereka juga mengerti.

4. Saat Bersin

Bersin Sebenarnya terjadi saat sesuatu masuk ke dalam hidung kita baik itu debu atau lainnya, dan juga saat kita mengalami flu. tapi tahukah anda bahwa bersin ternyata bisa terjadi pada orang yang sedang melakukan hubungan intim ini terjadi karena bersin bisa menandakan bahwa orang tersebut sedang memikirkan seksual dan disebakan karena sistem susunan saraf orang tersebut rusak dan mengirimkan sinyal ke hidung saat mereka terangsang saat berhubungan. dan juga bersin terjadi ketika sedang terkena paparan sinar matahari yang lama, ini terjadi karena hidung mendapatkan sinar matahari sehingga merespon terjadinya bersin.

5. Cidera diafragma

Pembuluh darah pada otak akan melemah dan bisa pecah karena meningkatnya tekanan darah.

Intinya, bersin bisa menjaga tubuh agar tetap sehat karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh. Jika Anda bersin, maka Anda akan membersihkan hidung dari bakteri dan virus.

Jadi ketika ada tanda-tanda Anda ingin bersin, segera sediakan tisu dan lepaskan saja secara alami. Tidak perlu malu karena semua orang pasti pernah bersin. Gunakan saputangan atau tisu untuk menutupi mulut anda, sekaligus meredam suaranya. Jika merasa tidak enak untuk mengeluarkan ‘hachiiimm’, Anda bisa langsung mengambil langkah seribu demi menghindari bersin di hadapan banyak orang.

Gimana? masih mau menahan bersin. jika bermanfaat harap like dan share yah. terima kasih.


Jika Anda Ingin Curhat Atau Punya Tulisan Yang Menarik Untuk Di Publish Di Website Ini, Silahkan Kirim Ke boys.madil@gmail.com

0 Response to "Inilah Akibatnya Jika Kamu Sering Menahan Bersin"

Posting Komentar